Gizmo

Snapdragon 8cx Gen 3, Prosesor 5nm Pertama untuk Laptop Windows

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id, Jakarta – Setelah merilis Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm turut membawa prosesor flagship 5nm pertama untuk laptop Windows yaitu Snapdragon 8cx Gen 3.

Dilansir dari GSMArena, Jumat (3/12/2021), ini merupakan prosesor 5nm pertama di dunia untuk perangkat Windows. Sayang Qualcomm belum mengungkapkan konfigurasi CPU yang digunakan chipset ini.

Qualcomm mengatakan bahwa chip ini dapat digunakan dalam desain laptop tanpa kipas. Chip generasi sebelumnya juga bisa, tetapi kala itu membuat penurunan kinerja saat penggunaan berkelanjutan.

Fitur Snapdragon 8cx Gen 3

Qualcomm juga mengungkapkan bahwa prosesor Snapdragon 8cx Gen 3 untuk laptop Windows ini menawarkan peningkatan kinerja yang sangat tinggi hingga 85% dalam pengujian multi-core, dibandingkan dengan pendahulunya.

Kinerja GPU juga turut meningkat hingga 60%. Selain itu, NPU telah ditingkatkan dan sekarang menawarkan lebih dari 29 TOPS atau tiga kali lipat dari yang dapat dikelola oleh chip sebelumnya.

Perusahaan juga mengatakan tentang masa pakai baterai hingga berhari-hari, tetapi itu jelas akan tergantung pada masing-masing laptop.

Baca Juga: Spesifikasi dan Fitur Snapdragon 8 Gen1

Prosesor Snapdragon untuk laptop Windows ini memanfaatkan banyak kemajuan yang ada dalam chip smartphone, termasuk modem dengan teknologi terkini.

Qualcomm menawarkan beberapa konfigurasi pada vendor laptop. Teratas adalah modem X65 yang memberikan kecepatan downlink hingga 10 Gbps, X55 yang lebih lama adalah opsi tengah yang mencapai 7,5 Gbps, lalu ada X62 di 4,4 Gbps. Konektivitas lainnya termasuk Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E terbaru.

Ada juga fitur lain seperti echo cancellation yang dipercepat AI dan peredam bising. Selain itu, chip ini mendukung beberapa kamera, misalnya dapat berbagi kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk presentasi online.

Baca Juga: Xiaomi 12 Dipastikan Pakai Snapdragon 8 Gen 1

Fitur di atas diciptakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna di masa pandemi seperti sekarang ini.

Menurut Qualcomm, laptop berbasis Windows 11 pertama yang dimotori prosesor  Snapdragon 8cx Gen 3 akan dirilis pada paruh pertama tahun 2022.

Sayangnya belum diketahui produsen mana yang akan merilis laptop dengan chipset Snapdragon terbaru ini. Kita nantikan saja bersama. (HR/MF)

Leave a Comment