Performa Chipset A11 Bionic Nyaris Setara MacBook Pro

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi smartphone kian lama kian mendekati laptop, termasuk dari sisi performa. Bahkan di beberapa kasus, beberapa tipe smartphone dapat nyaris menyamai performa laptop. Contohnya adalah Apple dengan chipset terbaru mereka yakni A11 Bionic.

Mengutip dari laman Mac Rumors, performa chip A11 Bionic di perangkat iPhone X ternyata dapat hampir menyaingi salah satu laptop milik Apple, yakni MacBook Pro 13 inci. Padahal, laptop ini memakai prosesor hig-end milik intel.

[Baca juga: Ini Smartphone Motorola yang Dapat Android Oreo]

Dalam sebuah benchmark sintetis Geek Bench, iPhone X yang menggunakan chipset terbaru A11 Bionic dengan RAM sebesar 3GB mampu menggapai hasil skor 4.141 untuk pengujian single-core. Sedangkan di multi-core, perangkat ini mampu mencapai skor 10.438.

Sementara MacBook Pro 13 inci yang menggunakan prosesor Intel Core i7 dengan RAM 4GB mencatatkan skor 4.592 untuk single-core dengan software benchmark yang sama. Skor ini sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan hasil iPhone X.

[Baca juga: 4G Ubah Gaya Hidup Masyarakat Indonesia]

Namun ternyata, MacBook Pro harus mengalah dari iPhone X saat mencoba hasil multi-core. Laptop ini hanya memiliki skor 9.602, cukup jauh di bawah smartphone edisi 10 tahun iPhone tersebut.

Sayangnya, meskipun performa iPhone X mampu mengalahkan atau mendekati skor sebuah laptop, namun secara penggunaan dari perangkat ini masih seperti memakai smartphone.

Jika seandainya Apple berani mengambil langkah dengan membuat perangkat yang mampu mengubah iPhone menjadi perangkat dekstop, seperti Samsung dengan Dex, maka persaingan Apple vs Samsung pastinya akan jauh lebih seru. Nah, bagaimana menurut Anda? [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here