Gizmo

Perbedaan S Pen di Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G dan Galaxy S21 Ultra

Muhammad Faisal Hadi Putra

Telset.id, Jakarta – Akhir Juni lalu, Samsung menghadirkan tablet Galaxy Tab S7 FE 5G ke Indonesia. Tablet terbaru Samsung ini dibekali ragam fitur untuk menunjang kreativitas dan produktivitas pengguna, salah satunya adalah dukungan terhadap stylus S Pen generasi terbaru.

Itu artinya, Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G menjadi perangkat kedua selain Galaxy Note yang mendukung S Pen terbaru. Sebelumnya, ada Samsung Galaxy S21 Ultra yang diperkenalkan ke Indonesia pada awal tahun ini.

Walau sama-sama mendukung pensil pintar, namun keduanya punya perbedaan. Dijelaskan IT & Mobile Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Elvira Dwi Anggraeni, S Pen pada kedua perangkat punya perbedaan dari fungsi pemakaiannya.

Dalam sebuah sesi pertemuan online, Elvira menyatakan bahwa S Pen pada Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G ini dapat digunakan pula pada mode desktop Samsung DeX yang sudah tersemat di dalam sistem.

Pengguna dapat dengan mudah memfungsikan S Pen ini pada mode tablet maupun mode desktop, seperti sebuah laptop touchscreen dengan dukungan stylus pada umumnya.

Sementara di Galaxy S21 Ultra, Samsung merancang S Pen untuk membantu produktivitas pengguna di smartphone mereka, seperti menulis catatan langsung ketika rapat.

“Kelihatannya memang mirip, namun S Pen di tablet ini membuat pengguna bisa beralih ke mode desktop dengan bantuan Samsung DeX,” jelas Elvira.

{Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab A7: Kemampuan Baterainya Luar Biasa!}

Selain itu, S Pen pada tablet terbaru Samsung juga sudah dilengkapi dengan magnet untuk menempelkannya di bodi belakang maupun di sisi-sisi tablet.

Jelas, sangat berbeda dengan Samsung Galaxy S21 Ultra. S Pen pada HP terbaru Samsung itu hanya dapat disematkan di sebuah slot pada flip cover. ya, smartphone ini tak memiliki ruang untuk menempatkan stylus layaknya Galaxy Note.

Dari segi ukuran juga berbeda. S Pen pada Galaxy Tab S7 FE 5G lebih panjang dan cukup besar daripada Galaxy S21 Ultra.

“Ukuran dan bentuknya kira-kira seperti pensil,” katanya.

{Baca juga: Bikin Konten Epik Pakai Galaxy S21 Ultra 5G, Begini Triknya!}

Perbedaan lainnya, S Pen pada Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G sudah termasuk dalam paket pembelian. Sementara untuk Galaxy S21 Ultra, pengguna harus membelinya secara terpisah.

Kendati demikian, ada persamaan antara S Pen Samsung Galaxy Tab S& FE 5G dengan Galaxy S21 Ultra. Kedua stylus ini tak secanggih S Pen pada Galaxy Note Series terbaru.

Pasalnya, kedua stylus belum mendukung fitur BLE atau Bluetooth Low Energy. Oleh karenanya, pengguna hanya terbatas bisa memakainya untuk menggambar, menulis, hingga menggulirkan layar.

Spesifikasi Galaxy Tab S7 FE 5G

Tablet terbaru Samsung tersebut mengusung layar berukuran besar 12,4 inci dengan resolusi yang tinggi. Tablet ini pun ditunjang oleh spesifikasi yang mumpuni, seperti prosesor Snapdragon 750G, RAM 6 GB dan memori penyimpanan 128 GB, serta baterai 10.090 mAh dengan fast charging 45W.

{Baca juga: Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G Resmi Dirilis, Harga Rp 9,5 Juta}

Tablet ini juga dilengkapi kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP untuk menunjang selfie dan video call untuk menunjang belajar online atau keperluan rapat secara online.

Samsung mulai membuka penjualan perdana Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G pada tanggal 1-7 Juli 2021 dengan harga retail Rp 9.499.000. (MF)

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY TAB S7 FE
Rilis 28 Juni 2021
Network GSM / HSPA / LTE / 5G
OS Android 11, One UI 3.1
Chipset Qualcomm SM7225 Snapdragon 750G 5G (8 nm)
CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 570 & 6×1.8 GHz Kryo 570)
GPU Adreno 619
RAM 6GB
Memori 128GB
Dimensi 284.8 x 185 x 6.3 mm, 608 gram
Layar 12,4 inch, 2560 x 1600 pixel, WQXGA TFT LCD
Kamera Utama 8MP
Kamera Depan 5MP
Baterai 10.090mAh dengan Fast Charging 45W
Warna Mystic Black, Mystic Silver
Harga Rp 9.499.000
Leave a Comment