Samsung Lengser, Huawei Pimpin Penjualan Smartphone di Q2-2020

Penjualan smartphone 2020

Telset.id, Jakarta – Ada kabar mengejutkan yang menyebut bahwa penjualan smartphone Huawei secara global kalahkan Samsung. Data tersebut menurut perhitungan Canalys terkait penjualan smartphone sepanjang kuartal II-2020.

Menurut Canalys, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Sabtu (01/08/2020), pada kuartal II-2020 Huawei berhasil mengirimkan 55,8 juta perangkat. Secara tahunan, sebenarnya angka itu turun lima persen.

Meski demikian, Canalys menyatakan bahwa penurunan lima persen angka penjualan smartphone Huawei ke seluruh dunia pada kuartal II-2020 sudah cukup untuk menjatuhkan Samsung ke posisi dua.

{Baca juga: Harga Jual HP Terbaru Samsung Naik Signifikan Tahun Ini}

Pada kuartal II-2020, Samsung mengirimkan 53,7 juta smartphone atau turun sangat dalam hingga 30 persen dibanding kuartal sama tahun lalu. Faktor yang paling memengaruhi adalah pandemi virus corona.

Yang menarik, terlepas dari larangan perdagangan yang telah dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat, Huawei secara efektif membuktikan tetap mampu bermanuver di pasar gawai, terutama smartphone.

Tentu, tidak memiliki akses ke pasar sebesar AS sangat berpengaruh bagi Huawei. Namun, faktanya, Huawei membuktikan diri baik-baik saja dengan mampu menguasai pasar di negara selain AS dan Eropa.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

Selama ini Samsung selalu menghuni peringkat teratas sebagai produsen yang berhasil terbanyak mengirimkan smartphone secara global. Di bawah Samsung, bercokol Huawei dan Apple. Namun sekarang, Huawei berhasil kalahkan perolehan penjualan Samsung.

Pengiriman Smartphone Turun

Diberitakan sebelumnya, Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi China (CAICT) mengatakan bahwa pengiriman smartphone di China turun 16 persen pada Juni 2020 dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Angka-angka itu menunjukkan bahwa permintaan handset di China tetap ‘suam-suam kuku’ meskipun pemulihan dari pandemi virus corona sangat buruk bagi Apple dan sang pesaing, Huawei.

{Baca juga: Juni 2020, Pengiriman Smartphone di China Turun 16 Persen}

produsen smartphone mengirimkan 27,7 juta unit pada Juni 2020, turun dari 32,7 juta unit pada Juni tahun lalu.

Penurunan tersebut mengikuti penurunan serupa pada Mei 2020 kala pengiriman turun lebih dari 10 persen per tahun, dari 36,4 juta unit menjadi 32,6 juta unit dalam setahun. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here