Home Gizmo Pengguna MacBook Air Kini Bisa Ganti Baterai Sendiri

Pengguna MacBook Air Kini Bisa Ganti Baterai Sendiri

Telset.id, Jakarta – Sebuah dokumen Service Readiness Guide dari Apple yang bocor ke MacRumors mengungkapkan bahwa baterai MacBook Air Retina Display kini dapat dilepas secara individual. Itu artinya, pengguna akan bisa menganti baterai sendiri.

Sebelumnya, seperti diketahui, Apple selalu memberi lem di baterai komputer Mac – dan ini berlangsung sejak generasi MacBook Pro Retina Display tahun 2012. Prosedur resmi untuk ganti baterai dari Apple adalah mengganti Top Case, termasuk Keyboard di bagian atas. Namun, kini di era MacBook Air Retina Display kebijakan tersebut diubah.

Menurut laporan 9to5mac, perubahan kebijakan ini ditujukan untuk mengurangi limbah dari proses penggantian Top Case.

Meski tidak perlu mengganti Top Case dan keyboard, sebetulnya baterai di MacBook Air Retina Display masih tetap menggunakan perekat ke bagian rangka. Namun, penampakannya memang kurang jelas.

Kendati demikian, Apple Authorized Service Provider dan pihak Apple Genius sudah mendapatkan perangkat khusus untuk bisa melepaskan baterai MacBook Air Retina Display.

Masih dikutip dari laman yang sama, proses pemasangan baterai baru akan melibatkan alat penekan yang sebelumnya digunakan untuk memasang layar iPhone setelah diganti. Alat itu akan mengaktifkan lem di baterai secara otomatis dan sangat rapi.

Kyle Wiens, CEO dari iFixit, menanggapi hal tersebut dengan sangat positif. Selama ini, baterai yang dilem di rangka utama adalah tantangan untuk teknisi independen, pengguna Mac, maupun pihak daur ulang, katanya. [BA/IF]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version