Pasar Smartwatch Tumbuh 12% Tahun 2022, Apple Posisi Teratas

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta – Pasar jam tangan pintar atau smartwatch mengalami peningkatan pengiriman 12% pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021. Ini mengacu pada laporan Global Smartwatch Model Tracker dari Counterpoint Research.

Dikutip Telset dari GSM Arena pada Minggu (26/02/2023), pertumbuhan 12% tersebut didorong oleh penjualan pasar smartwatch yang kuat pada tiga kuartal pertama tahun 2022.

Namun, pengiriman pada periode Q4 atau 1 Oktober – 31 Desember 2023 mengalami penurunan 2% YoY yang dipicu oleh kenaikan tingkat inflasi dan pertumbuhan yang lambat di India.

Apple tetap menjadi merek teratas di seluruh dunia dalam hal pengiriman dengan 34,1% pasar, diikuti oleh Samsung 9,8% dan Huawei 6,7%. Perusahaan asal Cupertino melihat permintaan yang kuat untuk model Watch Ultra, Watch Series 8, dan Watch SE (2022).

Apple meraih 60% pendapatan pasar jam tangan pintar global 2022 yang mengesankan. Samsung berada di posisi kedua dengan peningkatan pengiriman sebesar 12% tetapi hanya peningkatan pendapatan sebesar 0,5%.

Di pasar smartwatch global tahun 2022 Huawei mengalami penurunan 1 poin persentase, akan tetapi pendapatannya meningkat sebesar 20% dibanding tahun 2021.

Sementara itu vendor lain seperti Noise dan Fire Boltt naik ke posisi keempat dan kelima dalam pengiriman global berkat pertumbuhan pesat di pasar dalam negeri mereka.

Diikuti Garmin, Amazfit, dan Boat semuanya berada di sekitar angka pangsa pasar 4%. Fitbit berada di posisi kesepuluh sementara Xiaomi sekarang kesebelas.

BACA JUGA:

Pasar Smartwatch 2022

Counterpoint Research juga merilis pertumbuhan pasar berdasarkan negara. Hasilnya Amerika Utara sebagai pasar terbesar berdasarkan volume pengiriman sebesar 29%.

India melihat pertumbuhan yang luar biasa pada tahun 2022 dan sekarang menjadi wilayah terpenting kedua untuk jam tangan pintar sementara China berada di posisi ketiga.

Pasar Jam Tangan Pintar Smartwatch 2022

BACA JUGA:

Jam tangan pintar terbesar yang dikirim pada tahun 2022 berada di kategori harga di bawah USD100 atau Rp1,5 juta karena menguasai 35% dari semua pengiriman.

Namun, kategori jam di bawah USD 400 atau Rp 6 jutaan mengalami peningkatan persentase pengiriman terbesar hingga 129% dibanding tahun 2021 yang sebagian besar didorong oleh penjualan Apple Watch Series 8 dan Apple Watch Ultra. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI