Vivo Kuasai Pasar HP Indonesia, Samsung Terpuruk Disusul Realme

Pasar HP Indonesia Canalys

Telset.id, Jakarta – Perusahaan riset Canalys merilis laporan pengiriman atau pengapalan smartphone terbaru selama Q4-2020. Lima merek ponsel teratas didominasi oleh perusahaan asal China, dan Vivo berhasil menjadi “penguasa” pasar HP di Indonesia.

Vivo menduduki posisi pertama dengan pangsa pasar sebesar 25%. Selama bulan Oktober hingga Desember tahun lalu, perusahaan ini tidak mengalami pertumbuhan dari tahun sebelumnya alias 0%.

Meski demikian, selama pandemi Covid-19, Vivo menjadi merek HP yang mengalami pertumbuhan lebih baik daripada empat vendor lainnya selama tiga bulan terakhir 2020.

Di posisi kedua, ada Oppo yang menguasai marketshare sebesar 24%. Perusahaan ini mencatatkan pertumbuhan tahunan -9% dari tahun sebelumnya.

{Baca juga: 10 HP 2 Jutaan Terbaik Februari 2021, Spesifikasi dan Harga Terbaru}

Masih dari China, Xiaomi masih mempertahankan posisinya di urutan ketiga. Perusahaan teknologi besutan Lei Jun ini menguasai pangsa pasar HP di Indonesia sebesar 15%.

Namun demikian, pertumbuhan per tahunnya dibandingkan sebelumnya malah anjlok menjadi -7%.

Brand Realme berhasil naik ke posisi keempat dengan pangsa pasar 15%. Meski posisinya naik, tapi pertumbuhannya tidak lebih baik dibandingkan tahun lalu dengan -1%.

Samsung menutup posisi lima besar penguasa pasar HP di Indonesia. Raksasa teknolosi asal Korea Selatan itu memiliki marketshare sebesar 14%.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Namun, Samsung rupanya menjadi salah satu merek dengan pertumbuhan paling anjlok selama pandemi di kuartal ini. Perusahaan yang baru saja merilis trio Samsung Galaxy S21 di Indonesia itu memiliki pertumbuhan sampai -45%.

Di bawah ini adalah tabel lengkap terkait lima merek HP yang menjadi “penguasa” pasar ponsel pintar di Indonesia:

Pasar HP Indonesia Canalys

(MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here