Otoritas Florida akan Gunakan Drone untuk Basmi Nyamuk

Telset.id, Jakarta – Florida, negara bagian Amerika Serikat (AS), berencana mengusir nyamuk menggunakan pesawat tak berawak atau drone. Alat tersebut dirancang secara khusus, memiliki berat 1.500 pon atau setara 680 kilogram.

Menurut laporan Daily Mail, drone khusus itu boleh beroperasi pada malam hari. Bahkan, drone juga boleh terbang dengan ketinggian rendah sehingga bisa menjangkau sarang-sarang nyamuk. Sayang, belum ada detail lain tentang spesifikasinya.

Keputusan pemerintah Florida menggunakan drone untuk memberantas nyamuk dinilai tepat. Sebab, selama ini, mereka menggunakan helikopter dan pesawat kecil. Namun, penggunaan dua alat tersebut tak maksimal karena cuma untuk memantau kawasan.

“Menggunakan drone, kami akan lebih leluasa dalam melakukan pengawasan di berbagai wilayah, termasuk daerah-daerah yang selama ini terisolasi,” kata petugas informasi publik di Lee County Mosquito Control, Eric Jackson.

Menurutnya, kawasan di Florida memiliki banyak habitat bakau yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Pihaknya sudah berusaha inovatif dan efisien dalam mengatasi masalah itu. Ia menyebut, para pimpinan akan bertemu pada akhir Mei 2018 untuk membahas tentang pemakaian drone.

Sekadar informasi, Florida adalah satu dari 10 negara bagian yang masuk dalam Program Percontohan Integrasi Sistem Pesawat Tanpa Awak milik Federal Aviation Administration AS. Florida boleh memanfaatkan teknologi drone untuk kepentingan pemerintah.

Negara-negara bagian lain sedang meminta penggunaan drone untuk bermacam keperluan. Dakota Utara, misalnya, ingin menggunakan drone untuk memantau tanaman dan saluran pipa minyak. Lain hal, pihak berwenang di Tennessee akan menggunakannya untuk pengiriman paket. [SN/IF]

Source Link 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here