Berkat Reno7 Series, Oppo Sukses Rajai Pasar HP Indonesia

Telset.id, Jakarta – IDC merilis laporan pasar HP di Indonesia untuk kuartal kedua (Q2) tahun 2022. Hasilnya, Oppo sukses memimpin pasar HP di Indonesia berkat pengiriman produk Oppo, tepatnya Reno7 Series.

Dikutip Telset dari laman resmi IDC pada Minggu (25/9/2022), pengiriman pasar HP di Indonesia pada Q2 tahun 2022 sebesar 9,5 juta unit. Hasil ini cenderung menurun 10% dibandingkan Q2 2021, tetapi tumbuh 6,9% dibandingkan Q1 tahun 2022.

Menurut Associate Market Analyst IDC Indonesia, Vanessa Aurelia penyebab terjadinya penuruan pasar smartphone di Indonesia karena meningkatkan harga kebutuhan sehingga masyarakat mulai mengurangi aktivitas untuk membeli smartphone baru.

“Pengeluaran konsumen juga bergeser ke area lain seperti makanan dan transportasi karena orang-orang kembali ke aktivitas normal. Kenaikan harga barang juga menambah tekanan pada disposable income, memaksa masyarakat untuk memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan primer,” kata Vanessa.

BACA JUGA:

Namun, di tengah penurunan pasar, Oppo berhasil memimpin pengiriman HP di Indonesia. Berkat penjualan HP kelas menengah atau mid-range seperti A96 dan Reno7 Series yang bagus, Oppo berhasil merajai pasar HP Indonesia dengan pengiriman 2 juta unit HP dengan pangsa pasar 20,6%.

“Oppo naik kembali ke posisi pertama pada pada Q2 tahun 2022. HP segmen kelas menengahnya menyumbang 46,9%. Segmen mid-range terutama didukung oleh model A96 dan Reno7 OPPO. Pangsa 5G Oppo meningkat signifikan dengan model Reno7,” sambung Vanessa.

Berikutnya ada Samsung. Vendor asal Korea Selatan harus puas di posisi kedua dengan jumlah pengiriman sebesar 1,9 juta unit dan pangsa pasar 20,2%. Samsung mampu berada di posisi kedua berkat Galaxy M Series dan Galaxy A Series, yang memiliki penjualan yang bagus di kuartal kedua tahun ini.

Ketiga ada Vivo, dengan pengiriman HP 1,7 juta dan pangsa pasar 17,8%. Vivo dinilai sukses berada di posisi ketiga berkat penjualan model Y15s, Y21, Vivo Y01 hingga Vivo T1 5G Series.

“Pengiriman 5G vivo meningkat secara signifikan, berkat T1 5G dan T1 Pro 5G yang baru dirilis,” ungkapnya.

Posisi keempat ada Xiaomi yang berhasil mengirimkan 1,5 juta unit dengan pangsa pasar 15,6%. Sedangkan Realme berada di posisi kelima dengan pengiriman 1,2 juta unit dan pangsa pasar 12,1%.

BACA JUGA:

Oppo Pasar HP Indonesia

Sayangnya pasar HP Indonesia diperkirakan akan tetap melambat pada semester kedua tahun 2022. Alasannya karena faktor makro ekonomi seperti inflasi, pergerakan nilai tukar, kenaikan suku bunga, dan kenaikan harga bahan bakar.

Dengan itu, IDC memperkirakan pengiriman smartphone secara keseluruhan akan menurun pada tahun 2022 ini. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0