Oppo F7 vs Oppo F9 vs Oppo F11: Waktunya Upgrade?

Telset.id, Jakarta – Oppo baru saja memperkenalkan smartphone teranyarnya, Oppo F11 Pro, dengan sejumlah fitur canggih yang bahkan belum kita temui di seri-seri sebelumnya. Jika Anda sudah menjadi pemilik Oppo F7 atau Oppo F9, sekarang mungkin saatnya untuk duduk dan mulai berpikir – apakah sudah waktunya ganti smartphone baru?

Tentu saja, banyak hal yang harus dipertimbangkan saat seseorang ingin berganti ponsel. Apakah itu terkait desain, hasil foto yang lebih baik, ataupun performa yang lebih unggul.

Sebagai penerus, adalah ideal bagi Oppo F11 Pro maupun F11 saja untuk menjadi lebih baik dibanding para pendahulunya. Paling tidak dari segi spesifikasi. Bukan harga mati memang, apalagi jika kita belum benar-benar mengujinya secara langsung. Namun, ini bisa menjadi bantuan – setidaknya sedikit, bagi Anda untuk memutuskan apakah ini saat yang tepat untuk berganti ke seri yang lebih baru atau tidak. Atau, merasa puas dengan apa yang sudah Anda miliki.

{Baca juga: Berkenalan Lebih Jauh dengan ‘Rising Camera’ Oppo F11 Pro}

Mau desain lebih baik?

Pabrikan smartphone semakin peduli dengan penampilan. Oppo tak terkecuali. Lewat Oppo F11 dan F11 Pro, pabrikan asal Tiongkok ini telah menghasilkan sebuah perangkat yang tak hanya terlihat bagus, tetapi juga unik.

Oppo F11 Pro memilih dua pilihan warna gradasi untuk membalut badannya, Thunder Black dan Aurora Green. Thunder Black menghadirkan pertama kalinya gradasi tiga warna pada F series, dimana warna merah dan biru berpadu pada bagian tepi yang dapat terlihat sebagai warna hitam klasik. Sementara Aurora Green dibuat dengan mengadopsi desain gradien dua warna berbentuk S.

Bagian atas dan bawah frame dari perangkat juga dibuat membulat untuk mendapatkan kenyamanan pengguna dalam mengenggam. Sementara untuk menghindari tertutupnya posisi speaker saat bermain game ataupun menelepon, Oppo memutuskan untuk memindah posisi speaker dan mikrofon. Kemana? Ada di bagian atas.

Mau layar lebih besar?

Ketika Oppo F7 dan Oppo F9 diperkenalkan, Oppo memilih untuk tetap konsisten dengan keberadaan notch atau poni di layar. Kala itu, baik F7 maupun F9 masing-masing menampilkan aspek rasio19:9 dan 19.5:9 pada 6,2 inci dan 6.3 inci. Layarnya membentuk kurva membuat ponsel tak hanya tampak luwes di pandangan tetapi juga nyaman di genggaman.

Oppo F11 – dalam hal ini F11 Pro tak jauh berbeda. Hanya saja, tidak ada notch kali ini, membuat tampilan muka benar-benar terlihat lapang. Ukuran layarnya 6.53 inci, lebih dari cukup untuk para penikmat layar besar. Sementara rasio screen-to-body 90.9% – yang adalah rasio terbesar untuk perangkat lini seri F, membuat F11 Pro tetap pas di genggaman. Terdengar besar, tapi tidak tampak sebesar itu.

Siasat lainnya yang digunakan Oppo untuk membuat F11 Pro tampak lebih lapang adalah dengan membenamkan kamera depan jauh ke dalam bodi. Bukan didalam notch atau di bagian depan lainnya pada smartphone. Kamera ini akan keluar secara otomatis saat dibutuhkan.

Mau kamera lebih baik?

Kamera yang lebih baik kerap menjadi alasan orang saat ingin berganti smartphone. Ini manusiawi. Salah satu keunggulan yang ditawarkan Oppo F11 Pro adalah kamera 48MP sebagai lensa utama dengan aperture f/1.79. Oppo mengklaim, kamera utama pada smartphone anyarnya ini mampu menangkap foto secara detail, apalagi dalam keadaan pencahayaan yang kurang atau low-light.

Kami mengujinya dengan menangkap sejumlah objek foto di luar uangan – saat itu waktu menunjukkan sekitar pukul 17.00 WIB. Hasilnya, bukan saja foto dengan komposisi warna yang bagus yang kami dapat, ini juga tampak detil. Bahkan saat foto diperbesar beberapa kali.

{Baca juga: Hasil Bidikan Kamera 48MP Oppo F11 Pro}

Di bagian depan, hasil yang tak jauh berbeda kami dapatkan dari kamera 16 MP yang dibawanya – kebetulan besaran yang sama juga diadopsi dua penerusnya. Satu hal yang membuatnya menarik, khususnya jika dibandingkan dengan Oppo F7 dan F9, seri Oppo F11 – dalam hal ini versi Pro, punya modul kamera depan yang tak biasa.

Ya, seperti telah kami ungkap sebelumnya, ini dipanggil rising front camera. Teknologi ini akan memunculkan kamera depan dari bingkai bagian atas saat ia dibutuhkan untuk swafoto, melalui sebuah mekanisme motoris. Keren.

Mau performa lebih baik?

Performa adalah hal lainnya yang diharapkan orang dari sebuah pergantian. Oppo F11 series ditenagai oleh prosesor mediatek P70 yang memiliki frekuensi maksimum sebesar 2,1 Ghz. Jika dibandingkan dengan perangkat generasi sebelumnya, performa CPU dan GPU meningkat 5% dan 13%.

Oppo F11 Pro dilengkapi dengan RAM 6GB LPDDR 4X yang akan memenuhi kebutuhan Anda atas video berkualitas tinggi ataupun game berat.

{Baca juga: Menjajal Cepatnya VOOC 3.0 Flash Charge di Oppo F11 Pro}

Untuk pengisian daya cepat, di F11 Pro kita akan dibawa mengenal teknologi VOOC 3.0. Bukan sekedar Flash Charge seperti di seri F sebelumnya. Teknologi ini disebut-sebut telah mengalami peningkatan, dimana dengan algoritma baru, VOOC 3.0 dapat mengatur tegangan tinggi sewaktu melakukan tickle charging, sehingga mempersingkat waktu pengisian secara keseluruhan hingga 20 menit. Itu artinya, F11 series dapat diisi penuh dalam waktu 80 menit. Masih meningkat dari seri sebelumnya, yang masing-masing membawa baterai berkapasitas 3400 mAh dan 3500 mAh, di Oppo F11 Pro ada baterai sebesar 4000 mAh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here