Nokia 6 2nd Generation Resmi Diperkenalkan, Apa yang Baru?

Nokia 6 2nd Generation

Telset.id, Jakarta – HMD Global akhirnya resmi meluncurkan smartphone pertama mereka di tahun 2018 yakni Nokia 6 2nd Generation. Sesuai prediksi, karena ini merupakan generasi selanjutnya dari seri Nokia 6, maka smartphone inipun ditambahkan beberapa ubahan serta peningkatan, khususnya di sektor dapur pacu.

Tidak seperti Nokia 6 generasi pertama yang malah menggunakan prosesor Snapdragon 430, Nokia 6 generasi kedua ini memilih prosesor octa-core 2,2GHz Snapdragon 630 sebagai mesin utamanya.

Prosesor itu didukung dengan RAM 4GB, ROM 32GB/64GB, baterai berkapasitas 3.000 mAh dan sudah berjalan di atas Android murni 7.1.1 Nougat, yang akan segera mendapatkan pembaruan ke Android 8.0 Oreo dalam waktu dekat.

Ubahan lainnya yang bisa ditemukan adalah desain Nokia 6 2nd Generation yang tidak menyertakan tombol fisik di bagian depan. Sebagai gantinya, kemungkinan akan disematkan tombol kapasitif di bagian bawah atau tombol virtual yang ditempatkan di dalam user interface.

Ubahan desain itupun berdampak juga pada pemindahan sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang, tepat di bawah frame kamera.

Untuk sektor lain seperti layar dan kamera, Nokia 6 masih mengusung spesifikasi yang sama dengan versi sebelumnya. Nokia 6 dibekali layar berjenis IPS berukuran 5,5 inch dengan resolusi Full HD yang telah dilapisi Corning Gorilla Glass 3.

Sementara untuk kameranya, Nokia 6 jilid dua ini memiliki kamera belakang beresolusi 16MP aperture f/2.0 dan kamera depan beresolusi 8MP dengan aperture yang sama. Yang menarik, kedua kamera tersebut mendukung fitur Bothie yang juga terdapat pada Nokia 7 dan Nokia 8.

Fitur Bothie sendiri memungkinkan penggunanya untuk menggunakan kamera depan dan belakang secara sekaligus sehingga menciptakan foto yang terlihat cukup menarik.

Meski telah resmi diluncurkan, sayangnya Nokia 6 edisi 2018 ini baru tersedia di wilayah China saja dan masih belum ada informasi kapan dirilis di negara lainnya, termasuk Indonesia. Untuk harganya, Nokia 6 dilepas seharga USD 230 atau sekitar Rp 3 jutaan. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here