Ngecas Baterai Semalaman, Tablet Samsung Meledak Bakar Kasur

Telset.id, Jakarta – Nasib bocah berusia 11 tahun di Staffordshire, Inggris ini masih beruntung, karena nyawanya selamat setelah tablet Samsung yang digunakan meledak dan membakar tempat tidurnya, pada minggu lalu.

Bocah laki-laki dan keluarganya terkejut ketika tablet Samsung-nya membakar kasur tempat tidurnya, setelah dibiarkan mengisi daya dan ditaruh di tidurnya semalaman.

Untungnya, api yang membakar tempat tidur bocah ini tidak membesar, sehingga bocah yang tidak disebutkan namanya ini terbangun tanpa terluka. Namun, tabletnya sudah hancur terbakar.

Keesokan paginya, ayah bocah ini menghubungi ke petugas pemadam kebakaran setempat untuk melaporkan apa yang terjadi.

Petugas pemadam kebakaran yang pertama datang ke tempat kejadian, Brad Robins, mengatakan insiden itu menjadi peringatan agar tidak meninggalkan ponsel dan tablet mereka yang terisi daya semalam.

{Baca juga: Galaxy S10 5G Terbakar, Samsung Ogah Ganti Rugi}

“Keluarga ini sangat terkejut dengan apa yang terjadi. Ini menjadi pengingat agar tidak meninggalkan gadget pada saat pengisian daya, karena dapat terbakar ketika panas,” katanya.

Ia mengatakan, keluarga korban membeli merek tablet Samsung sekitar empat tahun lalu. Saat terbakar, tablet ini terhubung ke charger Samsung asli.

Menurut laporan Staffordshire Fire and Rescue Service, tablet menjadi panas saat dipasang sejak pukul 21.00, sebelum kejadian. Tablet ini terbakar, dan membakar kasur.

Beruntung tablet itu hanya terbakar dalam semalam dan tidak berkembang menjadi api penuh. Ketika bocah itu terbangun keesokan paginya, dia menemukan lubang di tempat tidurnya, dan kamarnya ditutupi lapisan jelaga hitam.

Petugas pemadam kebakaran, Brad memberi saran untuk menghindari kejadian serupa. “Selalu letakkan ponsel dan tablet di permukaan yang aman saat mengisi daya,” katanya.

Selain itu, pastikan membeli pengisi daya atau charger asli dan ikuti instruksi dari pabriknya. Pastikan untuk mendaftarkan produk apabila ada penarikan produk.

{Baca juga: 10 Situs Download Drama Korea Subtitle Indonesia Terlengkap 2019}

“Juga pastikan alarm asapmu bekerja dengan benar dengan mengujinya secara teratur. Gedung ini tidak memiliki alarm asap yang bekerja, yang seharusnya dapat memperingatkan saat insiden ini terjadi,” katanya.

Namun, petugas pemadam kebakaran tidak mengungkapkan tipe atau model tablet yang terbakat tersebut. Kini, pihak pemadam kebakaran telah mengeluarkan peringatan kepada warga Inggris pasca insiden ini. [BA/HBS]

Sumber: The Sun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0