Layanan yang Didukung Siri iOS 10 untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Telset.id, Jakarta – Menurut panduan Apple Programming, SDK baru dari Siri atau biasa disebut dengan SiriKit, hanya akan mendukung enam layanan dari aplikasi pihak ketiga seperti panggilan suara/video, perpesanan, mengirim dan menerima pembayaran, mencari foto, olahraga, dan memesan kendaraan.

Integrasi layanan pada Siri ini memang sebelumnya dilakukan pada acara WWDC beberapa waktu lalu. Siri diminta untuk mengirim pesan lewat WeChat, melakukan pembayaran menggunakan Square Cash dan memesan kendaraan menggunakan Lyft.

Menurut laporan yang kami dapat dari 9to5Mac, Apple Music akan menjadi satu-satunya layanan streaming yang Siri dukung untuk iOS 10. Itu berarti Spotifiy dan Pandora tidak akan bisa digunakan pengguna pada Siri untuk memainkan musik kesukaan mereka.

Lanjut menurut laporan tersebut, SiriKit juga hingga kini tidak menawarkan pada developer untuk menambahkan ekstensi bagi pemutar musik. Hal ini tentu saja merupakan strategi “memaksa” dari Apple untuk meningkatkan layanan Apple Music-nya.

SiriKit juga tidak mendukung layanan lainnya seperti email dan aplikasi yang produktif. Meskipun begitu, Apple telah memberikan produsen mobil untuk bisa mendapatkan integrasi khusus dari SiriKit untuk CarPlay, sehingga pengemudi dapat menyesuaikan pengaturan seperti mengatur volume dengan menggunakan perintah suara.

ios-10-siri-sirikit-third-party-apps-100666361-large

Dengan SiriKit pada iOS 10, Apple telah memperhatikan dengan baik segi pengenalan suara dan interpretasi dari setiap query-nya. Siri kemudian akan menentukan apakah akan menangani perintah sendiri atau membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang didukung olehnya.

Aplikasi pihak ketiga yang menggunakan API dari SiriKit akan merespon perintah pengguna dengan sangat baik dan akan ditampilkan juga dapal antarmuka Siri. Aplikasi ini akan menawarkan respon yang interaktif dalam Siri, dan yang terpenting adalah pengguna tidak perlu membuka aplikasi lain untuk memberikan perintah.[FHP/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here