Akhirnya Apple Izinkan Hapus Aplikasi Bawaan di iOS 10

Telset.id, Jakarta – Lewat iOS 10, Apple akhirnya memberikan pengguna iPhone dan iPad kontrol yang lebih pada aplikasi yang sudah terinstal (default) pada perangkat iOS.

Untuk pertama kalinya, Anda bisa menghapus aplikasi default dari Apple seperti Maps, Calculator, Music, Videos, dan lainnya dan kemudian dapat mengunduhnya kembali. Semua aplikasi default dari iOS ini sekarang tersedia di App Store disertai dengan deskripsi dan screenshot masing-masing aplikasi.

Screen_Shot_2016-06-13_at_2.00.04_PM.0

Namun anehnya, hal ini sama sekali tidak disebutkan pada acara WWDC oleh Tim Cook ataupun ketua di bidang software, Craig Federighi seperti daftar-daftar fitur baru yang ada pada gambar di bawah ini.

apple-wwdc-20160613-2674.0

Seperti inilah tampilan aplikasi default pada App Store seperti Compass.

compass1.0

Namun pengguna yang mengunduh versi developer beta mengatakan bahwa aplikasi tertentu seperti Messages, Photos dan Camera tidak dapat dihapus. Mungkin karena ketiga aplikasi ini seperti “terikat” terlalu dalam dengan sistem yang ada.

Apple juga memberikan halaman bantuan untuk soal menghapus aplikasi bawaan ini, termasuk beberapa masalah kecil yang akan dihadapi jika menghapus aplikasi tersebut. Jika kita menghapus aplikasi cuaca misalnya, maka cuaca tidak akan muncul lagi pada Notification Center atau pada Apple Watch. Lalu jika menghapus Music, maka akan kehilangan CarPlay. Di bawah ini terdapat daftar aplikasi yang dapat dihapus langsung dari Apple. Untuk aplikasi News, akan bisa dihapus pada versi terakhir iOS 10 beta.

Screen_Shot_2016-06-13_at_4.54.17_PM.0

Tim Cook mengatakan pada September lalu bahwa Apple sedang “mempertimbangkan” untuk menghapus jumlah aplikasi yang ada pada iOS atau setidaknya memberikan fleksibilitas pada pengguna dalam mengatur layar utama. Jadi dengan menggunakan OS ini, kita akan dapat menghapus aplikasi bawaan dari Apple, asal kita sudah tahu konsekuensinya saat menghapus aplikasi ini.[FHP/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here