Microsoft Bikin Kontroler Xbox Khusus Difabel

X-BOX

Telset.id, Jakarta – Microsoft membuktikan kepedulian terhadap para penyandang disabilitas yang suka bermain game. Untuk memudahkan mereka melampiaskan hobi, Microsoft menciptakan kontroler Xbox yang dirancang khusus.

Dalam mengembangkan perangkat tersebut, Microsoft melibatkan beberapa badan amal. Microsoft meminta masukan mereka, terutama soal modifikasi yang harus dilakukan agar kontroler Xbox benar-benar membantu para difabel.

Setelah melalui serangkaian uji coba, CNET melaporkan, Microsoft akhirnya sukses membuat alat yang dinamai Xbox Adaptive Controller. Bentuknya segi empat seperti kontroler Nintendo Entertainment System zaman dulu.

Ada dua tombol besar dan 19 lubang colokan berukuran 3,5 milimeter untuk menyambungkan kontroler dengan berbagai penghubung eksternal hingga gadget pendukung lainnya. Meski demikian, kontroler itu tak memiliki kabel alias wireless.

Xbox Adaptive Controller bisa diletakkan di pangkuan pengguna dan dihubungkan dengan peranti keras maupun melekat di kursi roda. Kontroler untuk konsol Xbox One dan komputer tersebur dijual 100 dolar AS atau sekitar Rp 1,4 juta.

Baca juga: Microsoft Bikin Xbox One S Edisi Paul Walker

Xbox Adaptive Controller cuma akan dilego ke pasaran pada tahun ini. Sayang, Microsoft tak mengungkapkan tanggal pastinya. Namun, Microsoft menyebut kontroler itu disiapkan untuk menyambut ajang Electronic Entertainment Expo, 12 Juni 2018 mendatang. [BA/HBS]

Sumber: Cnet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here