Kelebihan Layar Smartphone Refresh Rate 144Hz Dibandingkan 60Hz

Telset.id, Jakarta – Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro menjadi ponsel pintar kedua yang resmi dijual di Indonesia dengan mengandalkan kelebihan layar 144Hz. Berbekal layar IPS LCD berukuran 6,67 inci berfitur HDR10+, pengguna dijamin mendapatkan pengalaman super smooth saat memakainya, terutama main game.

Lantas, apa sih sebenarnya layar dengan refresh rate 144Hz dan apa kelebihan dari teknologi tersebut?

Well, saat idalam kesempatan kami ini tim Telset akan memberikan penjelasannya untuk Anda para pembaca setia. Jadi sebaiknya, simak baik-baik informasi soal penjelasan dan kelebihan layar 144Hz ini ya, sob!

Apa Itu Layar 144Hz dan Perbedaannya

Xiaomi Mi 10T Pro Layar 144Hz

Perlu diketahui, sebenarnya refresh rate adalah hitungan berapa kali gambar pada layar dimuat ulang atau di-refresh dalam satu detik.

Jadi, apabila layar tersebut mendukung 144Hz, maka rata-rata gambar yang ditampilkan pada layar akan di-refresh hingga 144 kali setiap detiknya.

Jika dibandingkan dengan layar 60Hz, maka refresh rate setinggi ini akan sangat terasa perbedaannya. Layar dengan refresh rate 60Hz berarti melakukan refresh sebanyak 60 kali setiap detiknya.

Dengan demikian, layar 144Hz melakukan refresh nyaris tiga kali lebih cepat dari panel layar 60Hz. Pergerakan antar menu pada panel layar berteknologi ini menjadi lebih smooth, serta konten atau game yang ditampilkan juga jauh lebih halus dan lebih optimal.

{Baca juga: Review Xiaomi Mi 10T Pro: Layak Disebut “Flagship Budget”}

Makin cepatnya refresh rate pada layar juga berarti latensi akan jauh lebih rendah. Sebab, piksel di-refresh dengan frekuensi yang lebih sering dan konten ataupun interaksi yang ada di layar pun bakal jauh lebih mulus.

Khusus untuk gaming, layar dengan refresh rate tinggi akan memberikan respon lebih baik dan tentu saja menyuguhkan gameplay yang lebih halus dibandingkan panel layar standar dengan refresh rate 60Hz.

Kelebihan Layar 144Hz

Xiaomi Mi 10T Pro Layar 144Hz

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan layar dengan refresh rate tinggi hingga 144Hz jika dibandingkan dengan 60Hz. Nah, tim Telset sudah merangkum setidaknya 3 keuntungannya, berikut penjelasannya.

1. Pergerakan Lebih Smooth

Seperti yang sudah kami bilang di awal, layar dengan refresh rate yang tinggi dapat memberikan pengguna pengalaman yang jauh lebih smooth saat melakukan berbagai aktivitas di ponsel.

Bukan cuma main game saja, tapi pergerakan yang smooth juga berlaku pada transisi animasi yang ditampilkan oleh layar. Misalnya, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, scrolling media sosial atau berita di internet, dan lain sebagainya.

Semakin tinggi refresh rate, maka akan semakin halus dan hidup tampilan yang dapat ditangkap oleh mata dan direkam oleh otak pengguna.

2. Lebih Responsif

Layar dengan refresh rate tinggi pun memberikan respon input yang lebih baik dan akurat. Hal ini akan sangat terasa ketika pengguna bermain game FPS (first person shooter) dan MOBA yang memang membutuhkan respon yang baik.

Kami sebelumnya sudah membuat video perbandingan antara Poco F2 Pro dengan layar Super AMOLED refresh rate 60Hz dengan Xiaomi Mi 10T Pro yang punya layar IPS LCD namun refresh rate mencapai 144Hz.

Di sana, kami bermain PUBG Mobile dan COD Mobile untuk melakukan perbandingan. Hasilnya, Xiaomi Mi 10T Pro mampu memberikan pengalaman gaming lebih maksimal dibandingkan Poco F2 Pro.

Alasannya, smartphone tersebut mampu menampilkan gameplay dengan lebih smooth hingga di atas 100 FPS berbanding 60 FPS yang ditayangkan oleh panel layar Poco F2 Pro.

Respon input dari layar Mi 10T Pro juga lebih baik, dan meningkatkan kesempatan kami untuk bisa memenangkan pertandingan.

Meski demikian, layar Super AMOLED pada Poco F2 Pro menyuguhkan detail dan warna yang lebih baik dan kaya daripada IPS LCD milik Mi 10T Pro. Anda bisa melihat videonya di bawah ini:

3. Main Game Lebih Asyik

Tentu saja layar 144Hz memberikan pengalaman gaming yang lebih maksimal dan asyik. Apalagi, ketika pengguna memainkan permainan dengan gameplay yang kompleks dan berkualitas, seperti Genshin Impact, COD Mobile, PUBG Mobile, PES 2021, dan lainnya.

Kami juga sudah menjajal ponsel dengan layar 144Hz, seperti Xiaomi Mi 10T Pro. Dikombinasikan dengan prosesor yang mumpuni dan terbaik, game dapat ditampilkan dengan sangat lancar, minim lag, detail lebih baik, dan warna yang lebih kaya.

Layar dengan refresh rate tinggi juga meningkatkan kesempatan untuk dapat memenangkan pertandingan di setiap game yang dijalani.

{Baca juga: 10 HP Xiaomi Terbaru Desember 2020, Harga dan Spek Lengkap}

Spesifikasi Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro

Spesifikasi Xiaomi Mi 10T Pro

Baik Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro sudah mengusung layar IPS LCD 6,67 inci dengan resolusi Full HD+. Panel layarnya pun mendukung refresh rate 144Hz, HDR10+, dan sudah dilapisi kaca Corning Gorilla Kaca 5.

Di bawah kap mesinnya, kedua ponsel ditenagai prosesor Snapdragon 865 dengan GPU Adreno 650. Ditambah juga dengan RAM LPDDR5 8GB, dan memori penyimpanan UFS 3.1 berkapasitas 128GB (Mi 10T) dan 256GB (Mi 10T Pro).

Di sektor baterai, keduanya juga sudah mengandalkan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 33W yang kencang.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Xiaomi Mi 10T punya kamera utama 64MP, kamera ultrawide 13MP, dan kamera makro 5MP. Sementara kamera depannya 20MP. Model Pro hanya unggul di bagian kamera utama 108MP OIS, sementara sisanya masih sama.

Well, itu tadi penjelasan kami soal layar dengan refresh rate 144Hz lengkap dengan kelebihan yang dimiliki teknologi ini. Semoga bermanfaat bagi Anda ya, sob! (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0