telset
spot_img

Menyesatkan, Iklan Samsung Digugat Pengawas Australia

Telset.id, Jakarta Samsung digugat oleh Pengawas Konsumen Australia atas iklannya di negara tersebut. Iklan Samsung dianggap menyesatkan karena membuat pelanggan mengira jika Samsung dapat tahan air laut.

Dilansir Telset.id dari Engadget, iklan tersebut menunjukan orang-orang yang sedang berenang atau menyelam di kolam renang dan berselancar di lautan dengan membawa ponsel Samsung Galaxy.

Iklan tersebut dinilai bisa membuat pelanggan berpikir bahwa mereka bisa berenang dan berselancar dengan aman sambil membawa perangkat ponsel buatan Samsung.

Padahal, ponsel Samsung tidak dapat bertahan hidup dalam air jenis apapun selain air tawar. Di seri Samsung Galaxy S10 tertulis jika ponsel itu dapat menahan debu dan air tawar selama 30 menit pada kedalaman 1,5 meter.

{Baca juga: Fix! Ini Tanggal Peluncuran Samsung Galaxy Note 10}

Namun dalam catatan kecil tertulis jika ponsel Samsung seri Galaxy tidak disarankan untuk digunakan di kolam renang, apalagi di air laut. Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) menilai jika iklan tersebut tidak berkesan baik atau memberi nilai bagi pelanggan di negeri Kangguru.

“Samsung menunjukkan ponsel Galaxy yang digunakan dalam situasi yang seharusnya tidak menarik pelanggan,” kata Ketua ACCC, Rod Sims.

“Di bawah Hukum Konsumen Australia, bisnis tidak dapat menyesatkan konsumen tentang kemampuan produk mereka.”

Namun hal berbeda katakan oleh Samsung Australia. Sebuah postingan yang sudah dihapus di situs resmi Samsung Australia memberikan alasannya.

Wakil Presiden IT dan Mobile Samsung Australia, Richard Fink mengatakan bahwa daya tahan terhadap air menjadi standar yang harus ada di Australia.

{Baca juga: Ngecas Baterai Semalaman, Tablet Samsung Meledak Bakar Kasur}

“Saya percaya bahwa resistensi air adalah sesuatu yang ‘harus menjadi standar’ pada ponsel yang dirilis di pasar Australia, mengingat gaya hidup kita,” kata Fink memberikan penjelasannya. [NM/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0