MediaTek Pastikan Smartphone 5G Hadir Tahun Depan

Telset.id, Jakarta – MediaTek telah memperkenalkan chipset baru yang disematkan modem dengan teknologi 5G. Chipset MediaTek Helio M70 itu dibuat berdasarkan proses 7nm yang digabungkan dengan teknologi bernama Extreme Ultraviolet (EUV).

Dilansir dari GSMArena, chipset yang dibangun oleh TSMC ini juga memiliki kemampuan “standar” dari teknologi 5G yakni kecepatan internet yang mencapai 1Gbps.

Menurut co-CEO MediaTek, Rick Tsai, chipset Helio M70 akan segera diproduksi massal dan dikirimkan ke berbagai vendor smartphone yang telah bermitra lebih cepat enam bulan dari jadwal semula.

Itu artinya, smartphone 5G dengan chipset Helio M70 bisa jadi akan diluncurkan pada tahun 2019 mendatang.

“Dengan memanfaatkan berbagai solusi IP dan chipset, MediaTek dapat membantu ekosistem dan pelanggan untuk mendapatkan perangkat sesuai untuk era 5G,” katanya.

Baca Juga: Ketersediaan Ponsel 5G Disebut Qualcomm Tinggal Tunggu Waktu

Saat ini, MediaTek sendiri dikabarkan tengah menjalin pembicaraan dengan beberapa merk smartphone, seperti Nokia, China Mobile, dan juga Huawei untuk kerjasama teknis dan negoisasi spesifikasi.

Selain MediaTek, perusahaan chipset lainnya yakni Qualcomm juga bersiap untuk menyematkan chipset 5G-nya di berbagai smartphone pada penghujung tahun 2018 dan awal tahun 2019 mendatang.

“Beberapa mitra mengaku menyiapkan perangkat 5G untuk 2018, beberapa lagi pada awal 2019. Soal pemasaran, tergantung wilayahnya. Yang pasti, pasar yang disasar sudah siap secara infrastruktur dalam mendukung jaringan termutakhir 5G,” jelas Senior Vice President of Engineering Qualcomm, Durga Prasad Malladi.

Baca Juga: 18 Vendor Pastikan Gunakan Chipset 5G Qualcomm

Total ada 18 vendor yang memastikan akan menggunakan chipset modem 5G milik Qualcomm yakni Snapdragon X50 5G NR tersebut.

Sebut saja Asus, Fujitsu Limited, Fujitsu Connected Technologies Limited, HMD Global, HTC, Inseego/Novatel Wireless, LG, NetComm Wireless, Netgear, Oppo, Sharp Corporation, Sierra Wireless, Sony Mobile, Telit, Vivo, Wingtech, WNC, Xiaomi, dan ZTE.

Huawei juga tak mau ketinggalan untuk mengadopsi teknologi 5G di perangkat smartphone. Merk smartphone asal China ini berencana segera meluncurkan smartphone 5G di tahun depan dengan dukungan chipset buatan sendiri yakni Balong 5G01. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0