Masalah Flexgate “Nular” ke MacBook Pro 2018?

Telset.id, Jakarta – MacBook Pro 2016 dan MacBook Pro 2017 pernah mengalami masalah Flexgate. Tampilan LED ke layar tidak normal atau membuat efek seperti cahaya lampu sorot ke panggung. Kini masalah itu disebutkan kembali ditemukan di MacBook Pro 2018.

Istilah yang biasa digunakan adalah stage-light effect. Kabarnya, hal itu bisa terjadi karena Apple membuat desain kabel layar yang kurang sempurna dan jika perangkat komputer sudah berumur 1–2 tahun kabel akan mengalami masalah.

Parahnya lagi, desain baru di MacBook Pro 2016 membuat komponen kabel tersebut melekat ke komponen layar. Sebagai dampaknya, biaya perbaikan perangkat menjadi sangat mahal, yaitu mencapai USD 700.

{Baca juga: Pengguna Sebut MacBook Pro Punya Masalah “Flexgate”}

Dalam catatan terbaru di iFixit, seperti dilaporkan MacRumors, ternyata ditemukan sebuah fakta menarik. Menurut iFixit, Apple telah mengubah desain kabel dari layar MacBook Pro ke mesinnya di generasi MacBook Pro 2018.

Secara tidak langsung, Apple mungkin tahu mengenai masalah Flexgate dan merilis perbaikannya di komputer keluaran terbarunya, bahkan sebelum masalah tersebut ramai dibicarakan.

Sebelumnya, bug atau cacat perangkat lunak mengakibatkan crash sehingga MacBook Pro harus dimatikan paksa. Jarang ada bug yang membuat kerusakan fisik dan permanen di perangkat keras komputer.

{Baca juga: MacBook Pro & iMac Pro Tak Bisa Diperbaiki Pihak Ketiga}

Namun, akibat bug di Adobe membuat speaker di MacBook Pro mati total. Dalam serangkaian unggahan di forum Adobe Premiere CC, sebuah bug di perangkat lunak mengakibatkan kerusakan di speaker MacBook Pro. Speaker perangkat tersebut meledak. [BA/HBS]

Sumber: Macrumors.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here