Mampu Lacak Cahaya, Kecepatan Kamera ‘Ultrafast’ Tembus 100 Miliar FPS

Kamera UltrafastJAKARTA – Untuk menangkap objek berkecepatan tinggi, misal di kecepatan 120-240 frame per second (fps), harus menggunakan lensa kamera “super” dengan kemampuan setara satu kedipan mata. Misal, untuk menembak objek tetes air.

Tapi untuk objek industri, butuh kamera yang lebih super, yang bisa menangkap kecepatan hingga puluhan ribu fps atau lebih. Dan jika target yang ingin dijepret adalah cahaya, maka butuh kamera dengan kecepatan di atas cahaya. Menurut Nature, kamera tersebut memiliki kecepatan 100 miliar fps.

Nah, kini sudah dikembangkan lensa kamera dengan kemampuan super tersebut. Kamera dengan sebutan ‘Ultrafast’ ini menggunakan teknologi unik bernama “compressed ultrafast photography” (CUP).

Dikutip dari Engadget, Jumat (5/12/2014), teknologi ini dikembangkan oleh peneliti dari Washington University di St. Louis. Teknologi unik ini selain bisa melacak cahaya juga bisa berinteraksi dengan cahaya.

Dengan kemampuan tersebut, sensor yang dapat melacak cahaya tersebut bisa merekam pergerakan cahaya. Teknik CUP ini digadang-gadang dapat membuat gambar dengan dua dimensi.

Nature melaporkan bahwa teknik CUP bisa digunakan dalam teknologi seperti “invisibility cloaks” dengan cara membelokkan cahaya. Jadi mungkin ke depan, kita bisa mengungkap rahasia sihir Harry Potter atau mimpi Start Trek.

[AI/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here