Lensa Kontak Masa Depan Bisa Jadi Komputer Mini

Telset.id, Jakarta – Lupakan Google Glass. Karena di masa mendatang lensa kontak akan dapat digunakan untuk browsing Internet, bahkan dapat juga digunakan untuk memonitor kesehatan Anda.

Para ilmuwan memiliki bukti berupa konsep lapisan film polimer konduktif yang dapat mengubah lensa kontak menjadi komputer mini, yang dapat bekerja sebagai display elektronik tepat di atas bola mata Anda.

Sebuah tim yang tergabung di Future Industries Institute dari University of South Australia telah merilis sebuah studi merinci penggunaan elektroda organik hidrofilik (konduktor air kompatibel) dari hidrogel fleksibel (lensa kontak).

Peneliti dan profesor Drew Evans mengatakan bahwa lensa kontak pintar yang sedang dikembangkan dapat menerima informasi secara nirkabel, sehingga pengguna dapat menjelajahi Internet secara langsung dari bola matanya.

“Caranya adalah dengan menyediakan daya ke layar lensa kontak. Kami sangat antusias dengan kemajuan dari peneliti lain menunjukkan Anda dapat menggunakan tetas air mata sebagai daya baterai khusus. Ada kemungkinan untuk memodifikasi ini untuk digunakan dengan lapisan konduktif kami, “ kata Evans, seperti dikutip dari Mashable.

Evans menambahkan, layar lensa kontak bisa berkemampuan menjadi game changer untuk virtual reality atau kacamata cerdas. Bahkan lensa kontak cerdas ini disebutkan menampilkan streaming video, dan bisa menyingkirkan headset VR yang dijadwalkan mulai banyak dirilis tahun ini.

Lebih jauh ia mengungkapkan, para ilmuwan dari University of South Australia terinspirasi untuk mengembangkan lensa kontak sebagai display elektronik berasal dari semakin populernya produk wearable, seperti smartwatch.

Lensa kontak yang sedang dikembangkan juga diklaim selangkah lebih maju dari paten lensa kontak pintar yang diungkap Google pada tahun 2014, yang dapat digunakan untuk mengukur kadar glukosa.

Masih belum diketahui kapan lensa kontak pintar ini siap untuk dipasarkan. Sepertinya masih butuh waktu beberapa tahun lagi untuk mematangkan penemuan ini menjadi sebuah produk yang siap pakai.

Well, bisa Anda bayangkan, di masa depan orang akan bisa berseluncur di Internet hanya cukup dari lensa yang ada di mata. Sangat keren bukan. [HBS]

 

SourceMashable

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0