Telset.id, Jakarta – Huawei berhasil mengungguli Apple dalam pengiriman perangkat wearable berbasis pergelangan tangan selama tiga kuartal pertama tahun 2024. Hal ini sebagaimana diungkap International Data Corporation (IDC) dalam laporan terbarunya.
Menurut IDC, pasar perangkat wearable kini tak lagi didominasi oleh Apple dan Samsung. Dalam “Global Wearable Device Market Quarterly Tracking Report,” IDC mengatakan bahwa Huawei telah berhasil mengungguli perusahaan asal Cupertino dalam pengiriman perangkat wearable berbasis pergelangan tangan selama tiga kuartal pertama tahun 2024.
Masih berdasarkan laporan yang sama, Huawei diketahui mencatat pengiriman sebesar 23,6 juta unit untuk perangkat wearable berbasis pergelangan tangan. Angka ini menunjukkan pertumbuhan tahunan yang luar biasa, yaitu sebesar 44,3%, berkat peningkatan pengiriman smartwatch sebesar 7,3 juta unit dibandingkan tahun sebelumnya.
BACA JUGA:
- Bos Huawei Pakai HP Tri-fold, Desain Kamera Terungkap!
- Huawei Mulai Bagikan Informasi Chipset di Smartphone Buatannya
Dengan ini, Huawei menguasai pangsa pasar sebesar 16,9%, mengungguli Apple yang berada di posisi kedua.
IDC menyebutkan bahwa keberhasilan ini sebagian besar didukung oleh peluncuran produk baru seperti seri Huawei GT5 dan WATCH D2. Huawei juga mendapat perhatian besar di berbagai pasar utama, termasuk Asia-Pasifik, Amerika Latin, dan Timur Tengah.
Apple, yang sebelumnya memimpin pasar, kini harus puas di posisi kedua dengan pengiriman 22,5 juta unit dan pangsa pasar sebesar 16,2%. Namun, berbeda dengan Huawei, Apple mencatatkan penurunan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 12,8%, menunjukkan perlambatan minat konsumen terhadap perangkatnya.
Sementara itu, merek lain yang masuk dalam daftar lima besar IDC termasuk Xiaomi, yang ada di posisi ketiga dengan pengiriman 20,5 juta unit, dan pangsa pasar 14,7%. Xiaomi mecatat pertumbuhan tahunan 26,5%.
Samsung ada di posisi keempat dengan pengiriman 11,5 juta unit, dengan pertumbuhan tahunan 24,3%, dan pangsa pasar 8,3%.
BBK, melengkapi daftar, meski datanya tidak disebutkan secara rinci dalam laporan IDC.
Laporan IDC juga menunjukkan penurunan popularitas smartwatch secara keseluruhan. Total pengiriman smartwatch secara global mencapai 112,2 juta unit dalam tiga kuartal pertama 2024, turun 3,8% dibandingkan tahun sebelumnya.
Sebaliknya, pasar wristband mencatatkan pertumbuhan sebesar 12,7%, dengan total pengiriman mencapai 26,8 juta unit.
BACA JUGA:
- Huawei Siap Luncurkan Smartphone “Lipat Tiga”
- Partai Demokrat California Mau Hentikan Embargo Huawei
Keberhasilan Huawei menguasai pasar wearable global tahun ini menunjukkan bahwa inovasi produk seperti Huawei GT5 dan WATCH D2 berhasil menarik perhatian konsumen. Namun, tren menurun di segmen smartwatch menunjukkan tantangan baru bagi para produsen untuk tetap relevan di pasar yang semakin kompetitif.