Lebih Cepat, iPhone SE Generasi Ketiga Rilis April 2021

iPhone SE 2020 Terbaru
iPhone SE

Telset.id, Jakarta  – Sebelumnya terdengar rumor bahwa iPhone SE generasi ketiga bakal hadir paling cepat pada paruh kedua 2021. Namun, laporan terbaru dari Macotakara mengklaim akan dirilis pada April 2021. Jadi lebih cepat.

Seperti dikutip Telset dari Ubergizmo, Senin (11/1/2021), Macotakara menginformasikan bahwa iPhone SE generasi ketiga akan rilis pada April 2021. Dengan kata lain, iPhone SE terbaru akan hadir tiga bulan lagi.

{Baca juga: iPhone SE 2020 vs iPhone 11: Beda Harga, Performa Sekelas}

Laporan itu mengklaim, iPhone SE generasi ketiga akan diumumkan bersamaan dengan AirPods Pro 2. Sayang, selain spekulasi tanggal peluncuran, tidak banyak lagi yang diketahui tentang iPhone SE generasi ketiga.

Ada rumor pada masa lalu yang menyebut bahwa Apple sedang mengerjakan iPhone SE versi lebih besar berlayar 5,5 inci. Namun, tidak jelas apakah perangkat tersebut adalah variasi dari iPhone SE keluaran 2020.

Kabarnya, iPhone SE berukuran layar 5,5 inci akan menggunakan desain mirip dengan iPhone 8 Plus. Sekadar informasi, iPhone SE 2020 hadir dengan layar 4,7 inci dan ditenagai A13 Bionic, sama seperti iPhone 11 2019.

Terlepas ukurannya lebih kecil dan berdesain kamera tunggal, iPhone SE masih merupakan handset kuat dengan harga relatif terjangkau dibanding iPhone lain. Artinya, iPhone SE jadi opsi bagus bagi Apple Fanboy.

{Baca juga: iPhone SE Generasi Terbaru akan Hadir 2022 Mendatang}

Macotakara tidak memberi rincian tentang perkiraan harga iPhone SE generasi ketiga. Kendati demikian, jika benar iPhone SE generasi ketiga hadir dengan layar lebih besar, harganya tentu akan lebih mahal.

Sebelumnya dikabarkan bahwa iPhone SE generasi terbaru kemungkinan baru akan hadir pada 2022 mendatang. Sebenarnya tidak mengejutkan kalau Apple butuh dua tahun untuk memperkenalkan iPhone SE anyar.

Tidak seperti iPhone lain, seri SE bukanlah prioritas Apple. Asal tahu saja, SE generasi pertama memulai debut pada 2016. Apple membutuhkan waktu sampai empat tahun sebelum memperkenalkan iPhone SE terbaru.

Banyak pihak menilai, Apple tidak ingin menjadikan SE seri anyar sebagai “barang tahunan”. Entah kenapa Apple tidak terlalu tertarik untuk menyegarkan seri ini setiap tahun. Bisa jadi lantaran biaya atau ketersediaan komponen.

Spesifikasi iPhone SE Terbaru

Ilustrasi iPhone SE

Sekadar informasi, seri terbaru yang meluncur tahun ini mengusung layar berukuran 4,7 inci dengan resolusi “Retina HD”. Layar ini mendukung teknologi True Tone, Dolby Vision, dan juga HDR10.

Smartphone dengan tampang mirip iPhone 8 ini punya kemampuan yang mirip-mirip iPhone 11 Series. Bagaimana tidak, spesifikasi yang disematkan di dalamnya berupa prosesor A13 Bionic (7nm+), storage 64GB/128GB/256GB, serta baterai dengan dukungan fast charging 18W.

{Baca juga: 9 Alasan Kenapa iPhone SE 2020 Layak Dibeli}

Fitur lainnya, smartphone ini sudah mendapatkan sertifikat IP67, mendukung wireless charging, WiFi 6, LTE-A, dual SIM (sim sekunder brejenis eSIM).

Seri iPhone ini membawa satu kamera belakang dengan sensor 12MP dan telah mendukung OIS, serta satu kamera depan 7MP dengan dukungan gyro-EIS. Kamera tersebut mendukung Smart HDR dan mampu merekam video 4K @60fps untuk kamera belakang.

Jika seri terbaru akan debut dalam dua tahun lagi, maka bisa diasumsikan bahwa generasi berikutnya kemungkinan juga bakal menggunakan chipset generasi sebelumnya, yakni A14. [SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here