Fitur Ekspansi RAM di Smartphone Entry Level, Ini Keuntungannya

Telset.id, Jakarta – Random Access Memory atau biasa disebut RAM berfungsi agar smartphone bisa menampung banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, supaya proses berpindah antar satu dan lain aplikasi bisa lebih lancar.

Seiring berkembangnya teknologi, kini ada fitur ekspansi RAM yang bisa disematkan pada smartphone, karena fungsi smartphone sekarang tidak hanya untuk bekerja saja.

Yup, smartphone modern kini tidak hanya untuk menelepon dan mendukung aktifitas kerja saja, tapi dipakasi untuk hiburan, seperti bermain game dan juga akses konten streaming film.

Karena fungsi smartphone yang semakin multitasking itu, semakin bertambah juga jenis aplikasi yang disematkan pada sebuah smartphone. Untuk bisa menjalankan semua aplikasi itu secara bersamaan, perangkat membutuhkan RAM dengan kapasitas besar.

Memenuhi kebutuhan tersebut, kini hadir teknologi terbaru yang sudah mulai digunakan di berbagai smartphone, yaitu fitur ekspansi RAM yang memanfaatkan sejumlah memori yang tidak terpakai pada perangkat dari penyimpanan internal.

Biasanya fitur ekspansi RAM hanya tersedia pada smartphone-smartphone di kelas flagship. Semua pabrikan ponsel kini sudah menerapkan teknologi ekspansi RAM pada perangkat flagship mereka.

Nah, buat yang belum tahu, Telset akan menjelaskan beberapa keuntungan atau kelebihan fitur ekspansi RAM di smartphone entry-level.

BACA JUGA:

1. Multitasking Semakin Lancar

Fitur Ekspansi RAM Xiaomi Redmi A1

Smartphone kini dituntut menjadi perangkat serba bisa mulai dari berkomunikasi hingga menonton film. Bahkan ada juga kondisi yang terkadang memungkinkan perangkat harus menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, misalnya scrolling Instagram sambil mendengarkan musik atau podcast.

Untuk mengakses beberapa aplikasi secara bersamaan, perangkat membutuhkan kapasitas RAM yang besar. Karena jika kapasitas RAM tidak memadai, terkadang aplikasi akan otomatis berhenti secara paksa. Untuk mengatasi terjadinya hal tersebut fitur ekspansi RAM dapat membantu agar aplikasi bisa tetap terus berjalan bersamaan.

2. Efisiensi dan Efektivitas

Ketika pengguna memiliki smartphone yang bisa multitasking dengan lancar, produktivitas ketika sedang bekerja akan meningkat. Dengan adanya fitur ekspansi RAM, pengguna bisa juga melakukan perpindahan aplikasi secara instan sehingga masing-masing tugas dapat cepat selesai tanpa perlu menghabiskan banyak waktu.

Oleh karena itu, kapasitas RAM sepertinya tidak akan penuh untuk menghindari hal-hal seperti membuka kembali aplikasi dari awal. Sehingga bisa melakukan pekerjaan dengan lancar dan nyaman.

3. Baterai Lebih Hemat

Chipset akan bekerja kerja keras ketika membuka aplikasi untuk pertama kalinya sampai aplikasi sudah bisa digunakan karena smartphone memiliki RAM yang terbatas. Semakin kecil RAM berarti semakin bekerja keras chipset.

Untuk meringankan beban dari chipset yang akan berakibat pada borosnya baterai smartphone. Fitur ini memberi peran agar chipset melakukan kinerja menjadi ringan dan bisa membuka aplikasi semakin cepat.

Fitur Ekspansi RAM Xiaomi Redmi A1

4. Virtual RAM Mengurangi Biaya Produksi

RAM merupakan salah satu komponen hardware yang ditanamkan pada smartphone. Jumlah RAM yang semakin besar cenderung memiliki harga yang relatif mahal. Fitur ekspansi RAM ini dapat membantu menambah kapasitas RAM tanpa harus menyematkan komponen dengan ukuran yang lebih besar.

Penggunaan RAM dengan penyimpanan internal ini bisa menekan biaya produksi. Sehingga smartphone dengan harga terjangkau bisa memiliki kapasitas RAM yang lebih luas dan memiliki performa yang baik.

BACA JUGA:

Salah satu vendor yang menyematkan fitur ekspansi RAM adalah Xiaomi.  Yang menarik, Xiaomi kini tidak hanya menghadirkan fitur ini di smartphone flagship mereka saja, tapi juga menghadirkannya di ponsel entry level-nya.

Wajar, karena mayoritas pengguna di Indonesia masih di kelas mid-low dengan range harga HP 1 jutaan dan HP 2 jutaan. Salah satu seri ponsel entry level Xiaomi yang dilengkapi fitur ekspansi RAM adalah Xiaomi Redmi A1 yang barus saja rilis 28 Oktober 2022 lalu.

Redmi A1 memiliki fitur ekspansi RAM dengan pembaruan software OTA (Over The Air) yang direncanakan pada akhir Oktober 2022. Karena menggunakan ekspansi RAM, pengguna tidak perlu khawatir karena perangkat memiliki slot microSD yang bisa diekspansi hinga 512GB.

Nah, itu dia beberapa kelebihan yang akan diberikan oleh fitur ekspansi RAM. Nantinya fitur ini juga akan tersedia di perangkat terbaru dari Xiaomi, yaitu Redmi A1. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0