Kenalkan Terra, Robot Pemotong Rumput Besutan iRobot

Telset.id, Jakarta – Sebuah robot bernama Terra baru saja diperkenalkan iRobot. Ini merupakan versi pemotong rumput terbaru, dari robot vakum otomatis, Roomba, yang terkenal itu.

Pada dasarnya, Terra dan Roomba bekerja dengan cara yang sama. Keduanya berbentuk datar, dan dapat berjalan secara otomatis. Bedanya, Terra hanya mendapatkan beberapa fitur tambahan yang diperlukan untuk beradaptasi di luar ruangan.

Saat ini, sudah ada banyak mesin pemotong rumput tak berawak dan  otomatis. Namun, sebagian besar mengharuskan pemiliknya untuk memasang kawat pembatas guna memastikan mesin pemotong tidak tersesat.

{Baca juga: Militer AS Uji “Humvee Otonom” Penyapu Ranjau}

Terra sendiri bergantung pada suar nirkabel sebagai titik referensi batas halaman. Marker ini membantu Terra membuat peta digital halaman rumah pengguna.

Dengan aplikasi tambahan, pengguna juga dapat memberi tahu rumput mana yang harus dihindari, misalnya petak bunga atau furnitur.

iRobot mengklaim model ini cukup tangguh untuk menangani medan yang tidak rata, sulit, dan tahan terhadap berbagai elemen. Selain itu, jika pengguna menyukai halaman rumput yang rapi dan teratur, Terra juga dapat memotong rumput di ketinggian yang berbeda dan memotong garis lurus, paralel, bahkan membentuk sebuah pola.

{Baca juga: Ngeri! Bukan Cuma Debu, Robot Vacuum Ini juga Bisa Sedot Informasi}

Namun, sayangnya iRobot tidak menjelaskan spesifikasi Terra secara detail, serta kapan waktu peluncuran dan harga jualnya. Terra diperkirakan akan tersedia secara eksklusif di Jerman tahun ini. Tak lama kemudian, robot ini akan tersedia melalui program beta di Amerika Serikat diikuti pasar global pada tahun 2020. [BA/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here