telset
spot_img

Kelebihan dan Kekurangan Realme 8i: Layar 120Hz, Minus NFC

Telset.id – Realme 8i menjadi “hidangan terakhir” yang dipersembahkan Realme untuk konsumen di Indonesia. Dijual dengan harga Rp 2 jutaan, Realme 8i membawa beberapa kelebihan pada spesifikasi layar, prosesor, baterai, dan kamera utamanya. Namun, Realme 8i pun memiliki kekurangan juga.

Realme bisa dibilang mengubah persepsi konsumen atas HP harga Rp 2 jutaan. Biasanya, smartphone dengan rentang harga tersebut mengusung spesifikasi atau fitur yang seadanya.

Maksudnya, ketika dapur pacu jadi fokus utama, maka sektor lainnya akan “dikorbankan” demi menekan harga. Tapi Realme 8i, dilengkapi beberapa kelebihan yang bermanfaat untuk menemani berbagai aktivitas para pengguna sehari-hari.

Meski begitu, smartphone ini juga tak menjadi produk yang benar-benar sempurna. Sangat tidak mungkin mengharapkan ponsel harga Rp 2 jutaan yang sempurna tanpa cela. Realme 8i pun memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan.

Baca juga: Review realme 8i Indonesia

Nah, berikut ini tim Telset telah merangkum kelebihan dan kekurangan dari HP terbaru Realme 8i. Check this out!

Kelebihan Realme 8i

Walau harga resminya tak lebih dari Rp 3 juta, Realme 8i dibekali sejumlah kelebihan yang membuatnya lebih menonjol daripada ponsel lain di kelasnya. Berikut informasi selengkapnya:

1. Desain Menawan, Nyaman Digenggam

Review Realme 8i Kekurangan kelebihan

Kelebihan Realme 8i yang pertama terletak pada desainnya. HP terbaru Realme ini menampilkan transisi warna gradasi yang cantik, memperlihatkan ragam warna yang berbeda-beda ketika terkena cahaya yang pas.

Selain cantik, Realme 8i juga terasa solid dan nyaman digunakan dengan satu tangan saja. Ukurannya pas, bobotnya ringan, dan memiliki lengkungan pada bodi belakangnya. Di atas kertas, smartphone ini punya ketebalan 8,5mm dan berat hanya 194 gram saja.

2. Layar 120Hz Adaptif

Review Realme 8i kelebihan

Kapan lagi HP Android ekonomis memiliki fitur bak sebuah ponsel gaming kelas wahid? Realme 8i sudah dibekali dengan layar IPS LCD berukuran 6,6 inci yang beresolusi Full HD+.

Tak sembarang IPS LCD, layar ini sudah mendukung refresh rate sampai 120Hz, tertinggi untuk sebuah HP harga Rp 2 jutaan lainnya yang beredar di Indonesia.

Hebatnya, refresh rate tinggi ini mendukung sistem adaptif untuk menghemat daya baterai. Kecepatan refresh layar akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Gaming atau bagian UI Realme UI 2.0 misalnya, refresh rate layar akan diset ke 120Hz. Namun jika aplikasi atau game yang tak mendukung refresh rate yang tinggi, maka akan diatur ke tingkat terendah di 30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, dan 90Hz.

3. MediaTek Helio G96 yang Bertenaga

Realme 8i merupakan HP harga murah yang sudah ditenagai spesifikasi bertenaga berkat kehadiran prosesor gaming kelas menengah dari MediaTek, yakni Helio G96. Prosesor ini tergolong kuat untuk menjalankan berbagai perintah dan aktivitas digital para penggunanya, khususnya untuk gaming.

MediaTek Helio G96 dibangun dengan arsitektur 12nm FinFET dari TSMC. Chipset ini terdiri dari dua kluster CPU, yakni 2-core Cortex A76 dengan clock speed 2,05 GHz dan 6-core Cortex A55 yang hemat energi dengan kecepatan 2 GHz.

MediaTek Helio G96 sendiri adalah satu-satunya chipset seri G9x yang dapat memberikan daya pada layar 120Hz. Chip ini juga mendukung layar dengan kecerahan serendah 1 nits.

4. Baterai Tahan Lama

Realme 8i memiliki baterai besar dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai ini bisa tahan nyaris seharian untuk pemakaian normal berdasarkan pengujian kami ketika memakai realme 8i selama melakukan review.

Dari pengujian yang kami lakukan dengan aplikasi PCMark Battery Life Test, smartphone ini bisa bertahan hingga 17 jam lebih. Baterainya pun didukung oleh fast charging 18W yang punya kecepatan pengecasan cukup cepat.

5. Kamera 50MP

 

HP terbaru realme ini dipersenjatai dengan tiga kamera di belakang, antara lain kamera utama dengan sensor 50MP, kamera makro 2MP, dan kamera B&W 2MP. Di depan, realme 8i punya kamera selfie 16MP.

Kamera utama menjadi kelebihan dari Realme 8i. Kamera ini menggunakan sensor 50MP Samsung ISOCEEL S5KJN1 berukuran 1/2.76”. Kamera ini dibantu dengan adanya PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan lensa 5P agar gambar yang ditangkap lebih jernih.

Didukung dengan fitur AI atau kecerdasan buatan, hasil fotopun menampilkan kualitas yang bagus. Apalagi, ada beberapa mode lain seperti HDR untuk meningkatkan detail dan warna dari foto.

Baca juga: Realme 8i Rilis di Indonesia dengan Layar 120Hz

Sementara itu, kehadiran kamera selfie 16MP yang dikombinasikan dengan fitur kecantikan AI, mode HDR, mode potret dan fitur Panoselfie, memungkinkan pengguna untuk mengambil selfie yang lebih baik.

Kekurangan Realme 8i

Di balik banyaknya kelebihan, Realme 8i menyimpan beberapa kekurangan. Kekurangan ini kami temui ketika melakukan review Realme 8i. Berikut informasi selengkapnya:

1. Tidak ada NFC

Cukup disayangkan Realme 8i tidak disertakan dengan fitur NFC. Padahal, NFC merupakan fitur penting yang dicari oleh para pengguna untuk melakukan pembayaran secara cashless.

NFC bermanfaat untuk mengecek saldo e-money, mengisi saldonya juga, melakukan berbagai macam transaksi digital, bahkan berguna untuk melakukan transfer data via Android Beam.

2. Tidak Ada RAM Expansion untuk 4 GB

Review Realme 8i kekurangan

Realme 8i sebenarnya mendukung fitur Dynamic RAM Expansion alias DRE. Fitur ini menggunakan sebagian kecil penyimpanan internal untuk “menambah” kapasitas RAM secara virtual.

Hanya saja, fitur RAM Expansion hanya berlaku untuk varian RAM 6 GB dan memori penyimpanan 128 GB. Untuk model 4/64 GB, Realme tidak menyertakannya.

Padahal, akan sangat berguna bagi model terendah tersebut untuk memiliki fitur penambah RAM. Seharusnya sih pengguna tidak akan keberatan ruang memorinya digunakan sedikit untuk menunjang kinerja ponsel secara keseluruhan.

3. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Kamera utama Realme 8i memang punya kualitas menakjubkan, namun kekurangan HP ini adalah ketiadaan kamera ultrawide.

Walau biasanya kamera ultra lebar dari ponsel kelas menengah punya kualitas pas-pasan, tapi kamera ini berfungsi untuk membantu pengguna menangkap gambar dengan jangkauan lebih luas.

Itu tadi informasi kelebihan dan kekurangan dari Realme 8i, HP terbaru Realme ini dijual dalam dua varian. Realme 8i dengan RAM 4/64 GB dijual dengan harga Rp 2,4 jutaan, sedangkan model RAM 6/128 GB dipasarkan dengan banderol Rp 2,9 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0