Ngetes Kecepatan 5G, Download Game COD Mobile Cuma 2 Menit

Telset.id, Jakarta – Hadirnya jaringan 5G di Indonesia, membuat banyak orang penasaran soal kecepatan 5G di Indonesia. Tim Telset sudah menjajal secara langsung teknologi seluler generasi kelima itu dengan melakukan tes download game.

Pengujian kami lakukan dalam sebuah skenario download game dengan ukuran file yang cukup besar menggunakan jaringan internet 5G. Game yang kami unduh adalah Call of Duty Mobile dari Google Play Store dengan ukuran file 2,7 GB.

Proses download ini pastinya mengandalkan jaringan internet 5G dari Telkomsel. Sedangkan perangkat yang digunakan untuk pengujian adalah Oppo Reno5 5G yang memang secara spesifikasi sudah mendukung penggunaan 5G.

{Baca Juga: Ini Syarat dan Cara untuk Menggunakan Layanan Telkomsel 5G}

Pengujian ini juga dilakukan di kawasan Widya Chandra, yang mana sudah menjadi salah satu wilayah di DKI Jakarta yang tercover jaringan 5G dari Telkomsel.

Sebagai perbandingan, kami juga melakukan download game yang sama dengan menggunakan jaringan 4G. Perangkat yang kami gunakan untuk jaringan 4G adalah seri Oppo A74.

Proses download langsung dimulai. Kami dibuat takjub dengan cepatnya durasi download yang disajikan oleh jaringan 5G.

Untuk mengunduh game Call of Duty Mobile, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit 27 detik saja. Sementara dengan menggunakan jaringan 4G, proses download baru selesai setelah 13 menit 37 detik.

Kecepatan 5G
Hasil Durasi Download Game dengan Jaringan 4G

Demikian juga pada pengujian kedua dengan metode yang sama, download game dengan jaringan 5G bisa selesai hanya dengan waktu kurang dari 3 menit. Sedangkan pada jaringan 4G selesai diunduh saat stopwatch menunjukkan durasi 12 menit 50 detik.

Kecepatan download yang ditawarkan jelas sangat berbeda jauh. Sekaligus menunjukkan perbedaan kecepatan dari jaringan 5G dan juga 4G.

{Baca Juga: 10 HP 5G Murah Terbaik Juni 2021, Harga Mulai 3 Jutaan}

Saat ini baru Telkomsel yang menyediakan layanan 5G di Indonesia.Layanan 5G Telkomsel beroperasi di frekuensi n40 (2.300 MHz), yang berarti perangkat yang digunakan harus memiliki kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2.300 MHz.

Saat ini sudah ada beberapa smartphone 5G yang beredar di Indonesia yang memiliki dukungan teknologi band N40 di frekuensi 2,3GHz. Sebut saja antara lain, Oppo Reno 5, Oppo A74 5G, dan lain sebagainya. Anda bisa lihat daftar lengkap HP 5G di sini. (HR)

Simak Video “Test Kecepatan 5G: Download Game CODM”:

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -