Kasus Pembunuhan Khashoggi Terkuak Berkat Apple Watch

Apple Watch

Telset.id, Jakarta – Pemerintah Arab Saudi akhirnya buka suara dan mengakui bahwa jurnalis bernama Jamal Khashoggi meninggal dunia di kantor konsulat di Istanbul, Turki. Kasus pembunuhan Khashoggi dilaporkan terkuak berkat Apple Watch.

Informasi menyebut bahwa kabar hilangnya Khashoggi terkuak berkat jam tangan pintar Apple Watch yang dikenakannya saat memasuki kantor konsulat Arab Saudi.

Pejabat Turki tidak secara gamblang menjelaskan cara mendapatkan rekaman suara dan video dari Apple Watch yang menjadi bukti bahwa Khashoggi memang tewas dibunuh.

Menurut 9to5mac, dikutip Telset.id pada Minggu (21/10/2018), Jamal Khashoggi disebut merekam suara dugaan pembunuhan menggunakan aplikasi yang ada di Apple Watch miliknya.

Rekaman suara di tempat kejadian itu lalu diunggah ke iPhone dan iCloud miliknya. Surat kabar Sabah disebut mendapatkan kabar tersebut dari seorang pejabat keamanan di Turki.

Khashoggi diketahui meninggalkan iPhone miliknya kepada sang tunangan, Hatice Chengiz, yang menunggu di luar kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, 2 Oktober 2018.

Untuk bisa terhubung dengan iPhone, Apple Watch butuh koneksi Bluetooth dengan jarak berdekatan. Namun, Apple Insider mencatat, Khashoggi mengenakan Apple Watch 3.

Apple Watch 3 diketahui memang mempunyai koneksi LTE. Kendati demikian, jaringan LTE di Apple Watch milik Khashoggi hanya berfungsi secara terbatas di negara asalnya.

Apple mengonfirmasi bahwa LTE di Apple Watch 3 dan Apple Watch 4 tidak mendukung roaming di seluruh dunia. Di Turki juga tidak ada LTE yang mendukung Apple Watch 3.

Kemungkinan, Khashoggi membeli Apple Watch 3 tersebut di Amerika Serikat meski tetap tidak bisa menggunakan jaringan LTE di Turki. Kemungkinan jaringan yang digunakan adalah Wi-Fi. [SN/HBS]

Sumber: 9to5mac

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here