Rangkul Microsoft, DJI Siap Kembangkan Drone Pintar

Program Drone Sipil

Telset.id,Jakarta – Microsoft dan produsen drone asal Tiongkok, DJI mengumumkan kemitraan baru pada konferensi pengembang Microsoft Build hari ini, Selasa (8/5/2018). Kerjasama ini meliputi pembuatan drone komersial yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dari Microsoft.

Kemitraan kedua perusahaan ini logis, mengingat saat ini fokus Microsoft pada pengembangan teknologi kecerdasan buatan, sementara drone pada dasarnya merupakan perangkat komputasi semi otonom.

Di hari yang sama, DJI juga mengumumkan bahwa Azure kini telah menjadi mitra platform komputasi cloud, misalnya untuk menganalisis data video. Kedua perusahaan ini juga berencana untuk menawarkan drone komersial baru menggunakan Azure IoT Edge dan teknologi AI untuk kebutuhan pertanian, konstruksi dan keselamatan publik.

Bahkan, saat ini kedua perusahaan sudah bekerja sama dalam sebuah project bernama Microsoft’s FarmBeats yang menawarkan solusi bagi masalah pertanian menggunakan platform AI dan IoT.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, DJI meluncurkan software development kit (SDK) untuk Windows yang akan memungkinkan pengembang Windows  membangun aplikasi untuk mengendalikan DJI Drone.

Dengan menggunakan SDK, pengembang juga dapat mengintegrasikan pihak ketiga untuk mengelola muatan atau mengakses komponen sensor dan robot pada drone mereka.

“DJI bersemangat untuk membentuk kemitraan unik ini dengan Microsoft untuk menghadirkan kekuatan platform udara DJI ke ekosistem pengembang Microsoft,” kata Roger Luo, Presiden DJI, saat pengumuman hari ini. [BA/IF]

Source Link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here