Atasi Jailbreak, Apple Rilis iOS 13.5.1 dan iPadOS 13.5.1

Telset.id – Apple akhirnya merilis update OS terbarunya yaitu iOS 13.5.1, iPadOS 13.5.1, dan watchOS 6.2.6, dimana update ini hadir dengan patch yang memperbaiki celah keamanan kernel

Sebelumnya tim hacker Unc0ver telah berhasil melakukan jailbreak pada OS terbaru milik Apple yaitu iOS 13.5 dan iPadOS 13.5 melalui celah keamanan kernel tersebut.

Eksploitasi jailbreak yang dilakukan oleh Unc0ver dipublikasikan pekan lalu. Dengan melakukan jailbreak pada perangkat iPhone dan juga iPad, hacker dapat melakukan instalasi aplikasi melalui platfrom lain seperti AltStore dan juga Cydia.

{Baca juga: Apple Lacak iPhone yang Dijarah Pendemo George Floyd}

Apple sendiri sebelumnya berspekulasi bahwa mereka akan membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga minggu untuk mengatasi celah keamanan yang dimanfaatkan oleh para hacker untuk melakukan jailbreak tersebut.

Namun rupanya raksasa Cupertino tersebut hanya memubutuhkan waktu satu minggu untuk memperbaiki celah tersebut.

Namun update OS untuk kedua gagdet Apple tersebut, yakni iOS 13.5.1 untuk iPhona dan iPadOS 13.5.1 untuk iPad, memang hanya membawa pembaruan pada sistem keamanan.

Jika pengguna mengharapkan adanya fitur baru setelah melakukan update software, maka sayangnya itu tidak tersedia.

Apple jailbreak iOS 13 update OS

Melalui website resmi, Apple juga menyoroti bahwa update software terbaru ini juga untuk mengatasi masalah konsumsi memori yang akan memungkinkan aplikasi untuk “mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel.”

Sementara tim hacker Unc0ver juga mengkonfirmasi melalui Twitter bahwa celah keamanan yang sebelumnya digunakan untuk mengaktifkan jailbreak, telah berhasil ditambal oleh Apple lewat update OS iOS 13.5.1 dan iPadOS 13.5.1 tersebut.

Tentu saja, sangat penting bagi Apple untuk membatasi aktivitas jailbreaking pada perangkat gadget mereka (iPhone dan iPad). Sebab Apple memang sangat memproyeksikan sistem keamanan pada perangkat lunak guna bersaing dengan para rivalnya di industri gadget ini.

Selain untuk mengcegah jailbreaking, para pengguna perangkat Apple tentunya juga dihimabu untuk melakukan update OS guna mencegah kemungkinan peretasan melalui celah keamanan yang sama.

{Baca Juga: Produksi iPhone 12 Akan Dimulai Bulan Depan}

Untuk melakukan pembaruan OS pada perangkat iPhone/iPad, pengguna bisa mengaksesnya melalui menu Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak. Pastikan perangkat Anda terhubung dengan WiFi dan juga memiliki baterai yang cukup saat melakukan pembaruan.

Sementara untuk untuk pengguna Apple Watch, update OS WatchOS 6.2.6 yang dihadirkan Apple ini memberikan kompatibilitas untuk perangkat Apple Watch generasi pertama.

Pengguna dapat mengunduh OS versi terbaru dengan membuka tab”My Watch” di aplikasi “Watch” yang tersedia di perangkat iOS Anda dan kemudian mengunjungi General> Software Update. Atau juga a bisa mendapatkan pembaruan baru langsung dari Apple Watch Anda. [IR/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -