Gizmo

iPhone SE Jadul Bisa Jalankan OS MIUI 11, Hacker Siapkan Tutorialnya

Muhammad Faisal Hadi Putra

Telset.id, Jakarta – Memanfaatkan alat jailbreak, hacker berhasil memasang sistem operasi MIUI 11 berbasis Android ke iPhone SE generasi pertama.

Tim berisi kumpulan hacker ini menggunakan alat jailbreak checkm8 yang membantu mereka memasang MIUI 11 berbasis Android ke iPhone SE generasi pertama.

Para peretas itupun membagikan beberapa cuplikan video iPhone SE dengan sistem operasi MIUI 11 di YouTube. Hanya saja, tidak diperlihatkan seberapa lancar iPhone jadul tersebut menjalankan sistem operasi Android.

Meski menggunakan jenis firmware yang stabil dalam eksperimen iPhone SE ini, tapi kemungkinan besar akan ada banyak masalah yang terjadi ketika menjalankan MIUI 11 di perangkat non Android. Begitu juga dengan fitur-fiturnya yang tidak akan berfungsi dengan baik.

{Baca juga: Cara Kompres Video di Android, iPhone dan Laptop, Gampang Banget!}

Tapi bukan disitu poin utamanya. Di sini, sang hacker memamerkan kemampuannya yang dapat memasang apapun di iPhone, termasuk sistem operasi Android.

Malah, seperti dilansir Telset dari NotebookCheck, Senin (26/7/2021), tim hacker tersebut memiliki rencana untuk merilis panduan instalasi yang rinci dan menciptakan driver lebih baik bagi mereka yang ingin menjalankan iPhone dengan OS Android dengan antarmuka MIUI 11 atau lainnya daripada iOS 15.

Mengenal MIUI 11

Sekadar informasi, MIUI 11 berbasis Android Pie pertama kali diperkenalkan pada akhir 2019 lalu di Indonesia. Sistem Android yang telah dikustomisasi Xiaomi ini membawa tampilan yang simpel dan jauh berbeda dibanding versi sebelumnya.

Sejumlah fitur baru yang inovatif pun diberikan Xiaomi pada MIUI 11. Ada dukungan Dark Mode, Wallpaper Carousel, hingga MIUI Sounds of Nature.

Khusus fitur terakhir, MIUI Sounds of Nature membuat suara alarm yang dikeluarkan terdengar lebih nyaman di telinga. Sebab, pilihan suara yang digunakan merupakan suara-suara yang terinspirasi dari alam.

{Baca juga: Dari Game Turbo Sampai “Suara Alam”, Ini Fitur Baru di MIUI 11}

Untuk fitur-fitur lain yang hadir di MIUI 11 antara lain, tampilan galeri yang menyesuaikan bulan, wireless printing, emergency SOS, dan Game Turbo.

Saat MIUI 11 pertama kali digulirkan di Indonesia, setidaknya ada 12 ponsel Xiaomi yang sudah mendapatkan update OS secara OTA, termasuk ponsel viral kala itu Pocophone F1. (MF)

Leave a Comment
Muhammad Faisal Hadi Putra