Home Gizmo iPhone 11, XR, dan SE (2020) Dijual Tanpa Charger dan EarPods

iPhone 11, XR, dan SE (2020) Dijual Tanpa Charger dan EarPods

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda yang membeli iPhone XR, iPhone 11, dan iPhone SE (2020), jangan kecewa kalau di dalam boks pembelian tidak akan ditemukan adaptor charger dan juga EarPods.

Pasalnya, Apple akan menghilangkan adaptor charger dan EarPods di dalam boks pembelian iPhone SE (2020), iPhone 11, dan iPhone XR mulai sekarang.

Dikutip Telset.id dari GSMArena, Kamis (15/10/2020), situs resmi Apple kini menampilkan isi dari boks pembelian iPhone 11, iPhone XR, dan iPhone SE (2020) yang akan diterima konsumen.

Ketiganya nanti hanya di-bundle dengan kabel USB-C ke Lighting saja, tanpa adanya adaptop charger dan EarPods.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Kebijakan ini mungkin berlaku secara global. Satu-satunya pengecualian adalah Prancis, di mana konsumen masih mendapatkan EarPods dalam paket pembelian iPhone SE (2020), iPhone 11, dan iPhone XR.

Pasalnya, Prancis memberlakukan undang-undang aksesibilitas lokal yang mewajibkan produsen ponsel menyediakan headset dalam paket ritel mereka.

Untuk mengimbangi perubahan ini, Apple pun memberikan diskon harga EarPods menjadi USD 10 atau Rp 147 ribuan dan adaptop dengan kemampuan fast charging 20W menjadi USD 19 atau sekitar Rp 280 ribuan.

Alasan Apple Hilangkan Adaptor dan EarPods

Memang, banyak pihak yang mempertanyakan alasan dibalik kebijakan ini. Tidak sedikit juga yang menganggap bahwa keputusan Apple ini merugikan konsumen karena harus membeli adaptor charger secara terpisah.

Apple pun akhirnya buka suara. Mereka menjelaskan alasan untuk tidak menyertakan charger di dalam boks iPhone 12.

Raksasa Cupertino mengatakan bahwa tindakan ini merupakan upaya perusahaan untuk membantu mengurangi emisi karbon sebagai bagian dari inisiatif perusahaan ramah lingkungan.

Penjelasan ini disampaikan langsung oleh Lisa Jackson, Apple Vice President of Environment, Policy and Social Initiatives saat peluncuran iPhone 12 yang disiarkan secara online dari Apple Park.

{Baca juga: Ternyata Ini Alasan Apple Jual iPhone 12 Tanpa Charger}

“Seperti yang kami lakukan dengan Apple Watch, kami mencari cara untuk mengurangi limbah dan menggunakan lebih sedikit bahan,” kata Jackson.

“Pelanggan sudah memiliki lebih dari 700 juta headphone Lightning, dan banyak pelanggan telah beralih ke pengalaman nirkabel dengan AirPods, Beats, atau headphone nirkabel lainnya. Dan juga ada lebih dari 2 miliar adaptor daya Apple di dunia, dan itu belum termasuk miliaran adaptor pihak ketiga. Jadi kami menghapus item ini dari kotak iPhone,” jelas Jackson.

Selain bahan mentah, kebijakan tersebut juga mengurangi ukuran kemasan iPhone, yang mengurangi emisi karbon dari rantai logistik Apple. (MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version