iPhone akan “Haram” di Rusia Tahun Depan, Kenapa?

iPhone Rusia

Telset.id, Jakarta iPhone dan smartphone lainnya terancam dilarang beredar di Rusia. Penyebabnya adalah, undang-undang baru yang telah disahkan oleh majelis parlemen Rusia pada pekan lalu soal aturan penjualan perangkat tertentu.

Perangkat yang dimaksud adalah yang tidak memiliki perangkat lunak Rusia. Majelis parlemen Rusia menyatakan, regulasi tersebut nantinya akan mulai berlaku pada Juli 2020 mendatang.

Namun sebelumnya, daftar gadget yang terkena dampak dan perangkat lunak khusus yang perlu diinstal akan terlebih dahulu diumumkan oleh pemerintah Rusia.

{Baca juga: Lebih Dekat dengan Galaxy S11e, Rival Berat iPhone 11}

Artinya, smartphone tertentu, termasuk iPhone, mungkin dilarang dijual di Rusia. Oleg Nikolayev, perancang peraturan itu, menjelaskan bahwa banyak orang Rusia tidak tahu ada alternatif domestik untuk aplikasi yang harus diinstal.

“Perangkat elektronik di pasaran cenderung sudah memiliki aplikasi individual. Kebanyakan merupakan aplikasi buatan negara Barat dan sudah diinstal,” terangnya, seperti dikutip Telset.id dari phoneArena, Senin (25/11/2019).

Undang-undang baru itu memang belum berlaku di Rusia. Meski demikian, beberapa pihak khawatir bahwa perangkat lunak akan digunakan oleh pemerintah Negeri Beruang Merah untuk memata-matai para konsumen.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Data dari Statcounter menunjukkan, bulan lalu Samsung memiliki pangsa pasar smartphone terbesar di Rusia dengan 22,04 persen. Huawei di posisi dua dengan 15,99 persen, sedangkan iPhone di peringkat tiga dengan 15,83 persen.

Mengenai aturan baru yang segera diterapkan oleh pemerintah Rusia, Apple tidak memberi tanggapan. Selama ini, Amerika Serikat memang kerap berseteru di berbagai hal dengan Rusia, bahkan sejak zaman Uni Soviet. (SN/FHP)

Sumber: phoneArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here