iPhone 14 Pro Max vs Samsung Galaxy S22 Ultra, Siapa Lebih Unggul?

Telset.id, Jakarta – Sebelum membuat keputusan untuk berganti smartphone baru, sebagian dari Anda mungkin ada yang sedang membandingkan antara iPhone 14 Pro Max vs Samsung Galaxy S22 Ultra. Kira-kira siapa lebih unggul?

Mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan iPhone 14 Pro Max vs Samsung Galaxy S22 Ultra memang penting mengingat keduanya sama-sama baru saja rilis.

iPhone 14 rilis secara global pada Rabu (7/9/2022) waktu setempat, terdiri atas empat model, yakni iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

iPhone 14 Pro Max langsung bersaing dengan flagship lain di industri smartphone, termasuk Samsung Galaxy S22 Ultra yang memulai debut resmi pada Februari tahun ini.

BACA JUGA:

Baik iPhone 14 Pro Max maupun Samsung Galaxy S22 Ultra berukuran cukup bongsor karena sama-sama berlayar besar dan merupakan andalan Apple maupun Samsung.

Dua perangkat menghadirkan layar 120Hz, Always-On Display, pengisian nirkabel, dan peringkat IP68 untuk ketahanan air dan debu. Pertanyaannya, siapa yang lebih baik?

Telset akan membandingkan harga dan spesifikasi iPhone 14 Pro Max dengan Samsung Galaxy S22 Ultra.  Harga sementara merujuk kepada asumsi berdasarkan kurs.

Spesifikasi 

Harga iPhone 14 Pro Max mulai kisaran Rp16,4 juta hingga Rp23,8 juta. Sementara itu, di Indonesia, Samsung Galaxy S22 Ultra dijual mulai Rp18 juta hingga Rp21 juta.

Baik iPhone 14 Pro Max maupun Samsung Galaxy S22 Ultra menawarkan fungsionalitas dual-SIM. Model iPhone baru khusus AS hanya akan menawarkan dukungan eSIM.

iPhone 14 Pro Max berlayar Super Retina XDR OLED 6,7 inci dengan kecepatan refresh ProMotion 120Hz. Galaxy S22 Ultra berlayar Edge QHD+ Dynamic AMOLED 2X 6,8 inci.

Layar Galaxy S22 Ultra berkecepatan refresh adaptif 120Hz yang bisa turun hingga 1Hz. Kemudian, iPhone 14 Pro Max mengusung A16 Bionic SoC yang disebut-sebut terbaik.

Sayang, informasi tentang RAM belum ada, tetapi opsi penyimpanan meliputi 128GB, 256GB, 512GB, serta 1TB. Sebaliknya, Galaxy S22 Ultra ditenagai chip terkuat dari Qualcomm.

Galaxy S22 Ultra mengusung chip Snapdragon 8 Gen 1. Untuk opsi penyimpanan, Galaxy S22 Ultra menawarkan 12GB RAM + 256GB dan model penyimpanan 12GB RAM + 512GB.

Secara global, Samsung memamerkan Galaxy S22 Ultra dalam opsi 8GB + 128GB dan 12GB + 1TB. Namun demikian, opsi tersebut baru tersedia di beberapa negara pilihan.

Compare Spek iPhone 14 Pro Max vs Galaxy S22 Ultra:

spesifikasiDesain

S22 Ultra melanjutkan evolusi Samsung dari desain Galaxy yang sangat mudah dikenali, dengan beberapa warna yang bagus dan tambahan yang bagus dalam bentuk slot untuk stylus S Pen. Ini terlihat sangat mirip dengan Samsung Galaxy Note yang diganti, dan itu bukan hal yang buruk.

iPhone 14 Pro tersedia dalam warna Space Black, Silver, Gold, dan Deep Purple baru. Desain eksternal tidak banyak berubah – tonjolan kamera di bagian belakang sangat sedikit lebih besar – tetapi takik hilang dari model Pro, digantikan oleh apa yang disebut Apple Dynamic Island.

Di sinilah kamera TrueDepth dan indikator privasi hidup, dan itu dapat berkembang menjadi area notifikasi untuk hal-hal seperti menghubungkan AirPods Anda, melihat musik apa yang diputar, mengetahui kapan taksi Anda akan tiba, dan sebagainya.

Perbedaan dramatis lainnya dari iPhone sebelumnya adalah layar iPhone 14 Pro Max selalu menyala. Ini meredup tanpa kehilangan warna kulit jika Anda menggunakan foto orang sebagai wallpaper, dan memungkinkan Anda melihat widget Layar Kunci serta peringatan aktif apa pun untuk perjalanan, skor olahraga, dan sebagainya.

Kamera

iPhone 14 Pro Max vs Galaxy S22 Ultra

Dalam hal kamera, iPhone 14 Pro Max mendapatkan pengaturan tiga kamera belakang bersensor utama 48MP dengan stabilisasi gambar optik sensor shift generasi kedua.

Ada kamera telefoto 12MP 3x optical zoom, lensa aperture f/2.8, dan optical image stabilization. Ketiga, sensor 12MP dengan lensa sudut ultralebar bukaan f/2.2 120 derajat.

Di bagian depan iPhone 14 Pro Max, terdapat sensor 12MP dengan lensa aperture f/1.9. Berbeda dengan Galaxy S22 Ultra, yang memamerkan pengaturan kamera belakang quad.

BACA JUGA:

Kamera belakang Galaxy S22 Ultra dipimpin oleh kamera sudut lebar 108MP dengan lensa aperture f/1.8, dilengkapi kamera sudut ultralebar 12MP dengan lensa aperture f/2.2.

Ada pula telefoto 10MP aperture f/2.4 dan zoom optik 3x, serta telefoto 10MP dengan f/2.4/4.9 lensa aperture dan 10x optical zoom. Kamera depannya 40MP aperture f /2.2.

Perbandingan spek kamera iPhone 14 Pro Max vs Galaxy S22 Ultra:

Spek kamera

Kinerja dan Baterai

Samsung Galaxy S22 Ultra ditenagai chipset Exynos 2200 atau Snapdragon 8 Gen 1, tergantung di mana Anda tinggal. Ada pilihan RAM 8GB atau 12GB yang dipasangkan dengan 128GB, 256GB, 512GB atau memori internal 1TB yang sangat besar.

Tidak seperti Samsung sebelumnya, tidak ada slot ekspansi microSD. Galaxy S22 Ultra memiliki baterai 5.000mAh dengan pengisian kabel hingga 45W dan pengisian nirkabel 15W, dan menjalankan Android 12 dengan Samsung One UI.

Sementara iPhone 14 Pro ditenagai chipset Apple A16 Bionic dengan 6-core yang diklaim 40% lebih cepat dari pesaing terdekat. 5-core GPU memiliki bandwidth memori 50% lebih banyak dari sebelumnya, dan core berkinerja tinggi menggunakan daya 20% lebih sedikit daripada di chip A15.

Apple belum merilis rincian RAM yang terpasang, tetapi Anda dapat memilih antara penyimpanan 128, 256, 512GB dan 1TB dan sistem operasinya adalah iOS 16 baru. Apple, seperti biasa, menjanjikan “masa pakai baterai sepanjang hari” dan mengisi daya melalui charger Lightning atau MagSafe.

Display

Layar iPhone 14 Pro Max 6,7 inci lebih terang dari sebelumnya, yakni hingga 2.000 nits di luar ruangan dan 1600 nits puncak HDR. Apple kali ini memberikan refresh rate adaptif dari 1HZ hingga 120Hz, memungkinkan tampilan layar selalu aktif (always-on display) yang lebih baik.

Semantara Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki layar Dynamic AMOLED 2X Edge QHD+ 6,8 inci dengan kecerahan puncak 1.750 nits dan refresh rate adaptif mulai dari 1Hz hingga 120Hz. Seperti HP flagship Samsung lainnya, layar S22 Ultra juga sudah dilengkapi fitur always-on display.

Kesimpulan

iPhone 14 Pro Max vs Samsung Galaxy S22 Ultra

Memutuskan mana yang terbaik dari kedua model smartphone ini cukup sulit, karena iPhone 14 Pro Max maupun Galaxy S22 Ultra sama-sama bagus dan canggih. Jadi, sekarang lebih kepada ekosistem si pengguna ponsel itu sendiri.

Artinya, kalau Anda pengguna Android, tentu S22 Ultra jadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Sedangkan jika Anda seorang Apple fanboy, sudah pasti iPhone 14 Pro Max adalah model tercanggih dan terbaik saat ini.

Kedua model memiliki harga yang setara, keduanya juga sama kuat dan sama pintarnya. Sementara Samsung memiliki kamera yang lebih kuat di atas kertas, namun jangan salah, Apple punya pengalaman panjang sebagai vendor dengan fotografi komputasi Apple yang luar biasa.

Jadi, kami berpikir untuk menilai “pertandingan” ini akab berakhir seri atau imbang, karena keduanya di atas kertas sama, terutama iPhone 14 Pro Max. Akan lebih adil bila hasilnya nanti kita berikan setelah melakukan review lengkap iPhone 14 Pro Max, untuk menguji performanya.

Saat ini kami belum memiliki kesempatan untuk menguji iPhone 14 Pro Max, karena unitnya baru diluncurkan, dan bahkan belum masuk Indonesia. Kami baru akan bisa membandingkan keduanya setelah melakukan pengujian langsung, dan nanti akan meng-compare dengan hasil review Samsung Galaxy S22 Ultra sebelumnya. [SN/IF/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0