Home Gizmo iPhone 12 dan MagSafe Bisa Ganggu Alat Pacu Jantung

iPhone 12 dan MagSafe Bisa Ganggu Alat Pacu Jantung

iPhone 12

Telset.id, Jakarta – Apple mengakui bahwa iPhone 12 dan MagSafe bisa menyebabkan gangguan pada alat pacu jantung dan juga defibrillator. Peringatan ini tentunya mengejutkan bagi para pengguna yang menggunakan alat pacu jantung.

Baru-baru ini, Apple mengimbau para pengguna iPhone 12, bahwa smartphone tersebut dapat menyebabkan gangguan elektromagnetik pada perangkat medis seperti alat pacu jantung dan juga defibrillator.

Seperti dilansir dari GSMArena, Selasa (26/1/2021), Apple mengatakan bahwa iPhone 12 dan aksesoris MagSafe harus berada sekitar 15cm dari perangkat medis atau dua kali jarak jika perangkat diisi daya secara nirkabel.

Jelas ini jadi peringatan bagi para pemilik iPhone 12 yang menggunakan alat pacu jantung. Dikarenakan ini bisa membahayakan fungsi alat medis tersebut.

iPhone 12 Ganggu Kinerja Alat Pacu Jantung

iPhone 12 Ganggu Kinerja Alat Pacu Jantung (Foto: Mac Rumours)

Imbauan dari Apple ini ditambahkan di dokumen dukungan bagi pengguna iPhone 12. Mereka mengimbau untuk menjaga jarak aman antar perangkat.

“Perangkat medis seperti alat pacu jantung implan dan defibrilator mungkin berisi sensor yang merespons magnet dan radio saat berada dalam kontak dekat. Untuk menghindari kemungkinan interaksi dengan perangkat ini, jaga jarak aman iPhone dan MagSafe dari perangkat Anda (lebih dari 6 inci / 15 cm atau lebih dari 12 inci / 30 cm jika mengisi daya secara nirkabel),” tulis Apple.

{Baca Juga: iPhone 12 Tiba di Indonesia, Harga “Cuma” Rp 17 Jutaan Saja}

Meskipun dokumen dukungan telah menyebutkan “aksesori MagSafe” di judulnya, Apple lebih jauh menekankan bahwa aksesori seperti MagSafe Charger dan MagSafe Duo Charger juga dapat mengganggu perangkat medis.

“Semua aksesori MagSafe (masing-masing dijual terpisah) juga mengandung magnet — dan Pengisi Daya MagSafe dan Pengisi Daya MagSafe Duo memiliki radio. Magnet dan medan elektromagnetik ini dapat mengganggu perangkat medis,” sambung Apple.

Apple terus menyatakan bahwa meskipun semua model iPhone 12 memiliki lebih banyak magnet daripada model iPhone sebelumnya, seri ini tidak diharapkan untuk menimbulkan risiko gangguan magnetis yang lebih besar pada perangkat medis daripada model iPhone sebelumnya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Apple Terbaru}

Awal bulan ini, sebuah artikel di Heart Rhythm Journal menunjukkan bahwa model iPhone 12 berpotensi menghambat terapi penyelamatan nyawa pada pasien, karena gangguan magnetis pada perangkat medis yang dapat ditanamkan.

Tiga dokter di Michigan menguji interaksi ini dengan memegang iPhone 12 di dekat defibrilator cardioverter implan pasien, yang segera berubah menjadi status “suspend” selama tes berlangsung.

{Baca juga: Apple Keteteran Penuhi Permintaan iPhone 12 Pro}

“Dengan ini kami membawa masalah kesehatan masyarakat yang penting mengenai iPhone 12 generasi terbaru yang berpotensi dapat menghambat terapi penyelamatan nyawa pada pasien terutama saat membawa ponsel di saku atas,” tulis para dokter.

Para dokter juga menyatakan produsen perangkat medis harus benar-benar memperingatkan pasien tentang interaksi tersebut. Pasalnya, tidak ada yang dapat menjamin bahwa semua orang membaca Informasi Keselamatan untuk iPhone yang telah diposting oleh Apple. (HR)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version