Intip Pabrik Ponsel Advan di Semarang

Telset.id, Jakarta – Masyarakat patut mengetahui bahwa Indonesia memiliki pabrik smartphone sendiri yang tidak kalah hebat dengan negara maju lainnya. Berlokasi di Semarang, pabrik ponsel bercita rasa teknologi Indonesia ini kelak akan menjadi kebanggaan di tengah gempuran produk global membanjiri pasar Tanah Air.

Pabrikan lokal ini, hanya untuk perakitan ponsel yang sekarang dikenal dengan nama Advan. Melibatkan sekitar 1000-an karyawan pabrik, Advan telah berkontribusi secara nyata terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Untuk mengetahuinya lebih dekat, tim Telset.id bersama dengan beberapa media berkesempatan untuk melihat pabrik Advan  yang berada di wilayah Kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (29/5/2018) ini.

Tampak dari luar, pabrik tersebut terdiri dari beberapa gedung. Untuk dapat memasuki area produksi dalam pabrik, maka harus mentaati beberapa peraturan.

Sebelum masuk ke dalam area produksi, semua diwajibkan untuk menggunakan baju dan topi khusus. Pengecekan manual dan otomatis juga dilakukan.

Untuk diketahui pabrik smartphone Advan memiliki  luas area sekitar  15.000 meter persegi. Dalam waktu dekat, area tersebut akan diperluas  sekitar 3 hektar. Dengan kondisi pabrik yang ada sekarang, kapasitas produksi mencapai 30.000 unit per bulan.

Pabrik tersebut terdiri dari tiga ruang utama berupa ruang penyimpanan spare part  dan dua  ruang utama produksi. Pada ruang utama produksi terdapat 8 line dengan tugas masing-masing mulai  dari perakitan, pengetesan sampai pengemasan.

Pada tahapan quality control tim R&D Advan melakukan pengujian produk secara komprehensif meliputi tes kemampuan layar, burning room, drop test dan uji daya tahan produk melalui temp & humi test mechine.

Baca juga: Advan Optimis Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Adapun nilai investasi yang ditanamkan, menurut Tjandra Lianto, kurang lebih  menghabiskan dana sekitar  Rp. 1 triliun. Dana tersebut menggunakan dana mandiri dari perusahaan. Berikut beberapa foto proses perakitan ponsel Advan :

 

 

1 COMMENT

  1. Advan G2 Pro harga berapa jika saya order minimal 1000unit.
    Tq. Lbh spesific, berhubungan ke Pabrik dgn siapa ?
    Trimakasih,
    Effendy H.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here