Ini Alasan Asus Pilih Jual Smartphone di Toko Online

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta – Seperti produsen ponsel smartphone besar lain, Asus juga lebih memilih menjual produk anyar andalannya via toko online ketimbang menjualnya di toko resmi atau offline. Untuk ZenFone 5 dan 5Z, Asus menjualnya di JD.ID fan Lazada sedangkan untuk ZenFone Live L1 hanya dijual ekslusif di JD.ID saja.

Bahkan, untuk menggenjot penjualan awal, produsen smartphone asal Taiwan ini juga menerapkan program diskon cukup besar yang dinamakan flash sale yang digelar dua kali pada periode tertentu, masing-masing hanya sehari mulai jam 11 siang. Apa alasannya?

Regional Director ASUS South East Asia Benyamin Yeh mengungkapkan bahwa menjual dengan cara online jauh lebih cepat daripada secara konvensional. Pasalnya perusahaan tak perlu menyiapkan stok produk yang banyak dan distribusinya ke toko-toko konvensional.

“Alasannya kami ingin segera menjualnya dengan cepat. Jika pakai cara konvensional akan lebih lama,” tutur Benyamin dalam acara peluncuran ZenFone 5, 5Z dan Live L1 di Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Walaupun memiliki keunggulan dari waktu penjualan, namun dia tak menampik adanya kelemahan pada metode penjualan online. Kelemahan yang sering dikeluhkan konsumen adalah sulit mencari produknya dipasaran atau sering disebut HP Ghoib.

Benyamin beralasan permintaan terhadap produk smartphone Asus anyar sangat tinggi sehingga ketika dibuka penjualan secara online langsung diserap habis. Sayangnya dia tidak mengungkapkan estimasi penjualan tipe baru ponsel tersebut.

“Permintaan smartphone Asus sangat tinggi, diluar ekspektasi. Ini jadi sebab kenapa ponsel ini sulit dicari di pasaran konvensional,” kata dia.

Dia berharap pasokan ZenFone 5, 5Z dan juga Live L1 akan segera masuk ke pasaran dalam negeri pada minggu terakhir Mei atau paling lambat minggu pertama Juni. Untuk itu, kata dia, Asus akan menggenjot dan meningkatan produksinya agar bisa lebih banyak tersedia di pasaran.

Kendati demikian, Benyamin juga mengatakan pihaknya akan fokus pada penjualan secara offline. Namun penjualan konvensional tersebut baru dilakukan setelah permintaan konsumen toko online terpenuhi.

Baca juga: Hands-on Asus Zenfone 5, Pertama dengan Karakter Berbeda

Sementara itu Marketing Manager Asus Indonesia Galip Fu mengatakan perusahaan ini juga memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tahun ini dalam peluncuran produknya.

Ini karena masyarakat Indonesia punya kecenderungan membeli barang-barang baru menjelang lebaran, seperti pakaian dan juga gadget.

“Ya tentu saja kami memanfaatkan momentum itu. Ini strategi kami karena konsumen butuh ponsel baru untuk lebaran,” imbuh dia. [WS/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI