Home Gizmo Huawei Tawarkan Chipset 5G ke Apple

Huawei Tawarkan Chipset 5G ke Apple

Telset.id, Jakarta – Apple dikabarkan sedang kesulitan mencari chipset 5G untuk seri iphone terbarunya. Disisi lain Huawei yang sedang mengembangkan jaringan 5G bersedia menjual chipset 5G ke perusahaan amerika tersebut.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Selasa (09/04/2019), selama ini Huawei telah membuat chipset sendiri  untuk perangkat smartphone buatannya sendiri.

Namun seperti dilaporkan Engadget, salah satu sumber internal Huawei menyebut jika mereka siap menjual chipset 5G kepada Apple. Belum jelas apa alasan Huawei tertarik menjual teknologi 5G mereka ke Apple.

Kuat dugaan jika Huawei memanfaatkan momen saat Apple sedang kesulitan mencari chipset 5G untuk perangkat iPhone. Pasalnya, Apple saat ini mereka sedang bersangketa dengan Qualcomm yang memasok teknologi 5G ke sebagian besar produsen smartphone Android.

{Baca juga: Tahun Ini, Huawei Berpeluang Dongkel Posisi Apple}

Sayangnya tidak ada jaminan apakah kerja sama Huawei dan Apple benar-benar terjadi, karena sampai saat ini Apple belum memberikan keterangan resmi terkait arah kerja sama mereka untuk mengembangkan chipset 5G untuk iPhone.

Dikabarkan bahwa Apple sulit untuk meluncurkan perangkat 5G pada 2020. Menurut laporan Phone Arena, analis UBS, Timothy Arcuri, memprediksi bahwa Apple baru akan mengeluarkan iPhone 5G pada 2021. Faktor utama keterlambatan ini tak lain kelangkaan pasokan chipset.

{Baca juga: Terkendala Modem, Mungkinkah Apple Rilis iPhone 5G pada 2020?}

Dalam skenario pengadaan modem 5G, Apple memiliki opsi lima pemasok. Apple telah bermitra dengan Intel untuk kebutuhan modem iPhone XS dan iPhone XR. Namun, sampai sekarang, Intel tak jua embuat modem 5G, terutama untuk iPhone.

Seperti dikutip Telset.id, Kamis (4/4/2019), Intel akan meluncurkan modem 5G secara perdana pada semester I-2020. Arcuri pun meyakini bahwa Intel akan meleset dari target sehingga Apple harus puas dengan jaringan 4G LTE pada 2020 nanti. [NM]

Sumber: Ubergizmo

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version