Huawei Patenkan HongMeng OS di Berbagai Negara, Termasuk Indonesia

Prancis Huawei
Foto: Reuters

Telset.id, Jakarta – Huawei kabarnya siap merilis perangkat pertama dengan HongMeng OS pada Oktober 2019 mendatang. Tak tanggung-tanggung, Huawei bakal mendistribusikan satu juta perangkat untuk proses pengujian.

Seperti dilansir dari GSMArena, Jumat (14/06/2019), sebelum mendistribusikan satu juta perangkat, Huawei kini sedang berupaya untuk mematenkan nama HongMeng sebagai merek dagang di sejumlah negara.

Paten terbaru di World Intellectual Property Organization Global Brand Database menunjukkan, permintaan merek dagang untuk HongMeng OS telah didaftarkan di sejumlah negara, termasuk Indonesia dan Thailand.

{Baca juga: Sistem Operasi Huawei, HongMeng OS akan Meluncur Tahun Ini}

Informasi menyebut bahwa paten merek dagang tersebut juga telah didaftarkan oleh Huawei di luar kawasan Asia tenggara, meliputi Australia, Kanada, Kamboja, Uni Eropa, India, Meksiko, Spanyol, dan Swiss.

Bulan lalu, merek dagang HongMeng OS kabarnya sudah mendapat lampu hijau dari Chinese National Intellectual Property Administration. Nama itu nantinya akan digunakan untuk sejumlah perangkat, mulai smartphone, tablet, hingga PC.

{Baca juga: Spek Huawei Mate 30 Bocor, Tak Lagi Pakai Android?}

Sebelumnya, Huawei memastikan akan merilis sistem operasi sendiri pada tahun ini. Sistem operasi tersebut dilaporkan akan memiliki dua nama resmi, yaitu HongMeng yang dikhususkan untuk smartphone di China, dan Oak OS.

Kemungkinan, Oak OS akan tersedia untuk smartphone di pasar luar China. Dua sistem operasi tersebut bisa jadi akan diluncurkan secara resmi pada kuartal III-2019 atau sekitar September 2019 mendatang. (SN/FHP)

Sumber: GSMArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here