Home Gizmo Huawei Bangun Pabrik Chip di Shanghai

Huawei Bangun Pabrik Chip di Shanghai

Telset.id, Jakarta  – Huawei berencana membuat pabrik chip di Shanghai sebagai solusi menghindari beberapa konsekuensi terburuk gara-gara pengetatan pembatasan perdagangan oleh Amerika Serikat (AS).

Sumber Financial Times mengklaim, pabrik chip khusus di Shanghai akan membuat suku cadang untuk bisnis infrastruktur telekomunikasi inti Huawei. Operasional akan dijalankan oleh Pusat Litbang IC.

{Baca juga: Ditekan AS, Huawei Setop Produksi Chipset Kirin?}

Dikutip Telset dari Engadget, Senin (2/11/2020), pabrik akan mulai beroperasi dengan membuat chip berdasarkan proses 45-nanometer yang sangat tua sebelum pindah ke chip 28-nanometer pada akhir 2021.

Chip itu bisa untuk perangkat TV pintar dan IoT. Chip akan berkembang mencapai 20-nanometer pada akhir 2022 ketika dapat memanfaatkan “sebagian besar” perangkat keras seluler 5G,” kata laporan.

Dengan cara tersebut, Huawei secara teoritis dapat menjaga bisnis perangkat keras telekomunikasi berjalan dengan gangguan relatif kecil. Sayang, Huawei dan Pusat Litbang IC menolak memberikan komentar.

Sekadar informasi, perangkat seluler Huawei memerlukan chip yang sangat canggih agar tetap kompetitif di kelas atas. Sebagai misal chip Kirin 9000 di Huawei Mate 40 Pro yang berukuran 5- nanometer.

{Baca juga: Amerika Serikat Setuju Blokir Pasokan Chip ke Huawei}

Jika rencana di Shanghai gagal, Huawei dapat beralih ke sekutu fabrikasi seperti SMIC untuk chip lebih sederhana. Huawei butuh perjuangan berat untuk tetap eksis di tengah larangan dari Donald Trump cs.

Sebelumnya, pejabat senior Amerika Serikat (AS) menyetujui aturan baru untuk memutus rantai pasokan chip global ke Huawei. Rahasia tersebut diungkap oleh seorang sumber yang mengetahui masalah internal.

Di bawah aturan baru, perusahaan asing yang menggunakan peralatan pembuat chip harus mengamankan lisensi sebelum mengirim beberapa pasokan komponen ke Huawei.

Fokus dari peraturan baru itu adalah membatasi penjualan chip yang lebih canggih ke raksasa telekomunikasi China. Semua tahu bahwa Amerika Serikat telah lama menuduh bahwa Huawei punya kedekatan dengan pemerintah China.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

Hubungan dekat antara Huawei dan pemerintah China menciptakan ketakutan. Negeri Paman Sam menuding semua peralatan buatan Huawei dapat digunakan untuk memata-matai keamanan nasional dan perusahaan lain oleh China. [SN/HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version