Huawei: HarmonyOS Bakal Eksis di 100 Juta Perangkat pada 2021

HarmonyOS
Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group, James Lu. (Foto: Muhammad Faisal/Telset.id)

Telset.id, Jakarta – Huawei menggelar konferensi Developer Day guna membahas tentang mitra aplikasi seluler HarmonyOS 2.0 terbaru. Pada kesempatan itu, pabrikan ponsel asal Tiongkok ini mengumumkan jumlah mitra pengembang.

Huawei mengklaim, jumlah mitra pengembang untuk platform HarmonyOS akan terus bertambah. Perusahaan pun akan mempererat hubungan dengan perusahaan yang akan meluncurkan produk bersenjatakan sistem operasi tersebut.

Wakil Presiden Departemen Perangkat Lunak Bisnis Konsumen Huawei, Yang Haisong, menyatakan bahwa sejak rilis pengembang aplikasi seluler HarmonyOS 2.0 versi Beta dua minggu lalu, jumlah mitra meningkat.

{Baca juga: Seperti Ini Logo Baru HarmonyOS, Keren Gak?}

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan lebih banyak pengembang untuk situasi yang saling menguntungkan. HarmonyOS akan eksis di 100 juta perangkat dari lebih dari 40 merek pada 2021,” terang Haisong.

Seperti dikutip Telset dari Gizmochina, Rabu (30/12/2020), pada 16 Desember 2020 Huawei merilis versi beta pengembang aplikasi seluler HarmonyOS 2.0 dengan lebih dari 1.800 mitra pengembang yang mendaftar.

Versi beta dari aplikasi seluler itu dapat membantu pengembang dalam menyelesaikan pekerjaan melalui penggunaan kerangka kerja aplikasi terdistribusi, kerangka kerja UI terdistribusi, serta DevEco Studio.

Sekadar informasi, HarmonyOS adalah sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh Huawei untuk berbagai platform, termasuk integrasi lintas platform dari smartphone hingga produk rumah pintar dan perangkat IoT.

Huawei menghadirkan HarmonyOS sebagai solusi atas larangan Amerika Serikat. Presiden Donald Trump memasukkan Huawei dalam daftar entitas sehingga tidak bisa menggunakan semua layanan milik Google.

Smartphone Pertama HarmonyOS Rilis Tahun Depan

FBI kasus huaweiTahun depan sendiri akan menjadi ajang pembuktian dari Huawei terhadap sistem operasi besutannya. Sebagaimana Richard Yu, selaku bos perusahaan memastikan bahwa Huawei  akan merilis smartphone dengan OS HarmonyOS 2.0 di tahun depan.

Meski begitu, Yu sama sekali tidak menyebutkan secara rinci seperti apa smartphone yang dimaksud. Ada kemungkinan, ponsel baru akan tersedia secara terbatas di China saja.

{Baca juga: Pindah dari EMUI Android ke HarmonyOS Semudah Update OS}

Di acara konferensi developer pula, Yu menjelaskan bahwa HarmonyOS 2.0 merupakan sistem operasi cross-platform yang bisa berfungsi di smartphone, smart TV, head unit pada mobil, sampai smartwatch. [SN/IF]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here