Harga iPhone 12 Bakal Dipatok Jauh Lebih Mahal, Ini Penyebabnya

Peluncuran iPhone 12 Korea Selatan Samsung

Telset.id, Jakarta – Apple dikabarkan akan segera merilis iPhone 12. Berbagai bocoran sudah banyak bermunculan, termasuk bocoran soal harganya. Tapia da kabar kurang mengenakkan, karena harga iPhone 12 disebutkan akan jauh lebih mahal dibanding iPhone 11. Kenapa ya?

Kabar ini tentu saja mengejutkan, karena sebelumnya sempat dikabarkan bahwa iPhone 12 akan dijual sekitar USD 649, lebih murah USD 50 dari iPhone 11.

{Baca juga: Benchmark Prosesor iPhone 12 Bocor, Kalah Sama Android}

Meskipun terdengar menarik, namun tampaknya itu menjadi hal yang sulit untuk dipercaya. Pasalnya, iPhone 12 yang akan datang dengan teknologi baru, dan bisanya akan berpengaruh pada harga.

Sebelumnya sempat muncul laporan yang mengklaim bahwa harga awal pada saat iPhone 12 diluncurkan bisa berkisar antara USD 699 dan USD 749.

Namun, seperti dikutip Telset.id dari PhoneArena, seorang sumber rahasia Weibo yang menggunakan nama ‘Mobile Chip Master,’ memperkirakan harga nya bisa saja lebih dari itu.

Padahal, Apple kabarnya sudah berencananya juga untuk tidak menyertakan EarPod dan pengisi daya model terbaru, seperti yang terjadi pada saat meluncurkan jam pintar model terbaru yang harus nya dapat mengurangi harganya.

Seperti juga yang diharapkan oleh konsume. Setidaknya, dapat membuat harga produk ini tidak melambung tinggi. Setidaknya bisa sama dengan dengan iPhone 11.

Namun, biaya bill of material untuk iPhone 12 ternyata lebih mahal $ 50 jika dibandingkan dengan iPhone 11. Hal itu kemungkinan karena komponen 5G dan layar OLED. Jika anda menghitungnya, ini sama dengan harga awal yakni sekitar $ 749.

Mobile Chip Master itu juga mengungkapkan bahwa pemasok Apple kemungkinan tidak akan mampu memenuhi target produksi 80 juta unit iPhone 12. Diperkirakan akan turun sekitar 6 juta hingga 10 juta unit.

{Baca juga: Hands On iPhone 12 Sebelum Peluncuran Resmi [VIDEO]}

Seperti diketahui, Apple telah memperkenalkan chip A14 yang akan memberi daya pada iPhone 12, dan skor benchmark yang bocor menunjukkan peningkatan kinerja tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan iPhone 11.

Varian kelas atas diharapkan datang dengan sensor LiDar, dan ternyata tidak. Padahal para calon pembeli sangat antusias dengan peningkatan ini.

Namun, iPhone 12 kemungkinan masih bisa mencapai level penjualan iPhone 6. Sebab, iPhone 12 merupakan smartphone Apple pertama yang sudah mendukung 5G. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here