Begini Cara Kerja Gimbal Stabilization di Vivo X50 Pro

Telset.id – Vivo telah resmi meluncurkan Vivo X50 dan Vivo X50 Pro di Indonesia. Khusus untuk Vivo X50 Pro, perangkat ini hadir dengan membawa kecanggihan teknologi kamera Gimbal Stabilization. Bagaimana cara kerjanya?

Mungkin banyak yang penasaran, seperti apa sesungguhnya teknologi Gimbal Stabilization yang ditanamkan pada Vivo X50 Pro, dan bagaimana proses kerjanya.

{Baca juga: Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Vivo X50 Series}

Apa yang membedakannya dengan teknologi stabilisasi konvensional saat ini yang menggunakan EIS dan juga OIS. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Kerja Gimbal Stabilization

Teknologi stabilizer konvensional saat ini biasanya menggunakan pivot, dudukan, giroskop, dan sensor, sehingga memungkinkan kamera untuk berputar di sepanjang sumbu dengan lancar, mengimbangi guncangan serta menstabilkan frame.

Modul Sistem Kamera Gimbal pada vivo X50 Pro menerapkan logika teknologi yang sama untuk menstabilkan kamera utama, namun dengan kemampuan anti-guncangan yang lebih ditingkatkan.

Saat menangkap objek, sistem kamera gimbal pada kamera utama akan menghitung arah dan perpindahan guncangan menggunakan daya giroskop.

Dengan gaya elektromagnetik, seluruh modul Gimbal akan bergerak ke arah yang berlawanan untuk mengimbangi guncangan.

Dengan kecepatan refresh 100Hz, modul kamera dan stabilizer bergerak untuk mencapai stabilisasi frame.

Dengan menggunakan dudukan suspensi bola ganda atau double ball cross structure, sudut yang dicapai modul Sistem Kamera Gimbal pada vivo X50 Pro mencapai ±3° atau 300% lebih besar dari OIS tradisional.

Dengan mekanisme tersebut, sumbu-X dan sumbu-Y dapat memutar dan mengikuti ke manapun kamera bergerak.

Sehingga walaupun dalam guncangan yang lebih kencang, sudut pandang kamera akan tetap utuh karena posisi kamera berada pada titik yang stabil (full frame image stabilization).

Untuk mengurangi guncangan dari FPC (flexible printed circuit) yang terhubung dengan modul lensa.

Sistem Kamera Gimbal pada vivo X50 Pro memiliki Double S-Type FPC terpanjang dan tertipis yang pernah dikembangkan vivo, dengan ketebalan hanya 0,07mm. Inovasi ini membuat modul dapat berputar lebih bebas dan minim hambatan.

Secara angle, hasil perekaman gambar menggunakan teknologi Gimbal Stabilization ini tampak lebih luas. Karena kamera tidak banyak meng-crop gambar untuk melakukan stabilisasi.

Vivo X50 Pro Gimbal Stabilization

Pada fitur Gimbal Radar Vivo X50 Pro ini disematkan di viewfinder kamera saat mengambil foto/video. Dengan animasi berbentuk bola, radar ini akan menampilkan pergerakan gimbal secara realtim.

Pengguna hanya perlu menjaga radar tersebut tetap dalam bingkai, sehingga foto yang dihasilkan akan stabil dan jernih.

Kelebihan Gimbal Stabilization

Dengan teknologi Gimbal Stabilization ini, Vivo X50 Pro membawa banyak fitur yang canggih. Efek stabilisasi dari teknologi Gimbal Stabilization berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas cahaya keseluruhan Ketika low light condition.

Sehingga dalam kondisi cahaya rendah, vivo X50 Pro akan secara otomatis mengaktifkan Extreme Night Vision disertai algoritma AI Noise Reduction yang memungkinkan pengguna mengambil foto atau video di malam hari dengan lebih baik.

Teknologi Gimbal Stabilization mendukung algoritma zoom yang dikembangkan sendiri oleh vivo untuk mencapai 60x Hyper Zoom yang menghasilkan hasil foto jarak jauh dengan hasil yang stabil.

Terdapat pula fitur Astro Mode untuk mengabadikan momen dimalam hari. Sistem Kamera Gimbal juga memungkinkan pengguna untuk merekam video lebih stabil di kondisi apapun dengan menciptakan stabilitas dalam 5 sumbu.

Teknologi ini membantu pengguna menghasilkan video anti-guncangan melalui fitur Ultra Stable Video. Dengan fungsi Pro Sports Mode, vivo X50 Pro juga dapat mengambil gambar bergerak dengan hampir tanpa jeda

Hal itu dapat dilakukan berkat perpaduan antara system Gimbal Stabilization dan sensor khusus yang dapat mengurangi waktu paparan.

Fitur ini juga dapat dengan mudah menangkap pose gerak atau lompat dengan kecepatan dan presisi yang mengagumkan.

Fungsi Motion AF Tracking memungkinkan pengguna mengunci objek apa pun dalam frame dan tetap fokus pada objek tersebut, bahkan saat objek berada di luar jangkauan dan menstabilkan pusat gambar.

Selain itu bisa mengunci suara melalui 3D Sound Tracking, sehingga fokus suara hanya berada pada objek yang diinginkan. [IR/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -