10 Fitur Unggulan Poco X3 Pro, Layar 120Hz Hingga Sistem LiquidCool

Telset.id – Poco X3 Pro melakukan debut perdananya di Indonesia. Dijual dengan harga mulai dari Rp 3,5 jutaan, sebenarnya Poco X3 Pro bukan cuma mengandalkan spesifikasi kencang saja, tapi juga ragam fitur yang berlimpah yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Asal tahu saja, Poco X3 Pro dijual dengan harga yang sangat menarik. Smartphone ini dijual di Indonesia dalam dua varian memori, yakni 6 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB.

Poco X3 Pro dengan varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB dijual dengan harga “perkenalan” Rp 3.499.000. Sedangkan untuk harga normal atau reguler dijual seharga Rp 3.599.000.

Sementara untuk varian tertinggi 8 GB/256 GB dijual di Indonesia dengan harga perkenalan Rp 3.999.000. Sedangkan untuk harga normal atau reguler dijual seharga Rp 4.099.000. Ada tiga pilihan warna, yakni Phantom Black, Frost Blue, dan Metal Bronze.

{Baca juga: Poco X3 Pro Tiba di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya}

Tim Telset telah merangkum setidaknya 10 fitur unggulan dan terbaik pada Poco X3 Pro. Seluruh fitur ini tentu saja sangat bermanfaat dan mampu meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan HP 3 jutaan ini sehari-hari.

Fitur Unggulan Poco X3 Pro

Poco X3 Pro menyimpan fitur unggulan di berbagai sektor, mulai dari layar, sistem operasi, desain, dapur pacu, sampai ke bagian kamera.

Kami telah merangkum 10 fitur terbaik dari HP terbaru Xiaomi ini. Tapi sebelum masuk ke bahasan utama, berikut ini kami berikan tabel spesifikasi lengkap dari Poco X3 Pro yang beredar di Indonesia:

SPESIFIKASI POCO X3 PRO
Rilis 20 April 2021 (Indonesia)
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11
Chipset Qualcomm Snapdragon 860 (7 nm)
CPU Octa-core Kryo 485 CPU @ 2.96GHz
GPU Adreno 640
RAM 6 GB, 8 GB
Memori 128 GB/ 256 GB, expan 1TB
Dimensi 165.3 x 76.8 x 9.4 mm (6.51 x 3.02 x 0.37 in), 215 g
Layar IPS LCD 6.67 inc 1080×2400 px, 20:9 ratio, refresh rate 120Hz, 240Hz touch sampling rate
Kamera Utama 48 MP (wide), 8 MP (ultra wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
Kamera Depan 20 MP, f/2.2, (wide), HDR, Panorama
Beterai Li-Po 5160 mAh, Fast charging 33W
Warna Phantom Black, Frost Blue, Metal Bronze
Harga Rp 3,4 juta (6GB RAM + 128GB), Rp 3,9 juta (8GB RAM + 256GB)

1. Layar HDR10

Fitur Poco X3 Pro Indonesia

Poco X3 Pro sudah dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+. Menariknya, layar HP terbaru Xiaomi ini sudah mendukung HDR10 yang membuat konten video yang ditonton disuguhkan dalam resolusi lebih baik.

Hanya saja, dilansir Telset dari GSMArena, Rabu (21/4/2021), sertifikasi HDR10 pada layar Poco X3 Pro tidak mendukung Netflix maupun Amazon Prime. Tapi, pengguna tetap dapat menonton video kualitas HDR jika menggunakan aplikasi YouTube.

2. Layar 120Hz

Fitur Poco X3 Pro
Foto: Pocket-lint

Tak hanya HDR10 saja, HP 3 jutaan dari Xiaomi ini juga sudah mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Ada dua pengaturan refresh rate layar yang bisa dipakai, Standard (60Hz) dan High (120Hz).

Mode High 120Hz di sini bersifat adaptif. Sistem akan menentukan mana aplikasi maupun game yang cocok dan pantas dijalankan di refresh rate 120Hz. Hal ini pun berguna untuk menghemat daya baterai, meski baterai smartphone ini tergolong jumbo.

{Baca juga: Debut di Indonesia, Ini Kelebihan & Kekurangan dari Poco X3 Pro}

3. Sertifikasi IP53

Fitur Poco X3 Pro
Foto: Digital Camera World)

Poco X3 Pro tak masalah jika terkena cipratan air, karena smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi rating IP53 untuk tahan debu dan percikan air.

Akan tetapi, jangan sekali-kali bawa ponsel pintar ini ke dalam air atau merendamnya. Tentu saja smartphone tersebut tidak akan tahan dan berpotensi rusak.

Smartphone tersebut juga dirancang dengan build quality yang bagus. Layarnya sudah dilapisi oleh Gorilla Glass 6, panel belakang terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi dengan lapisan warna yang bagus, serta bingkainya yang kokoh.

4. Sistem Keamanan Lengkap

Fitur Poco X3 Pro
Foto: Pocket-lint

Fitur lainnya di Poco X3 Pro tersimpan pada sistem keamanan. HP terbaru Xiaomi ini dibekali dengan sistem keamanan yang lengkap, mulai dari lock screen hingga pengamanan privasi pengguna.

Poco X3 Pro punya sensor sidik jari biometrik yang dipasang di samping bodi. Sensor ini punya respon yang cepat dengan akurasi yang bagus. Terdapat Face Unlock dengan pengenalan wajah 2D yang juga cepat, tapi tidak lebih aman daripada sensor sidik jari.

Berjalan di sistem operasi MIUI 12 berbasis Android 11, Poco X3 Pro pun mendapatkan beberapa opsi privasi keamanan tambahan. Kini, pengguna dapat menghapus info lokasi dan/atau metadata lainnya di foto maupun video yang diambil menggunakan kamera ponsel.

MIUI 12 juga menawarkan aplikasi Security yang bertugas untuk memindai ponsel dari ancaman malware, mengelola aplikasi yang telah diblokir pengguna, membatasi penggunaan data internet, menyesuaikan perilaku baterai, dan membebaskan beban RAM.

Melalui aplikasi Security, pengguna pun dapat mengelola izin dari aplikasi yang dipasang di smartphone.

{Baca juga: Review Poco M3: Ponsel ‘Entry-level Killer’ Serba Nanggung}

5. Snapdragon 860

Fitur Poco X3 Pro
Foto: Techradar

Poco X3 Pro ditenagai oleh prosesor Snapdragon 860. Prosesor dengan fabrikasi 7nm ini menggunakan komponen hardware yang nyaris sama dengan Snapdragon 855+, tapi memiliki dukungan kamera dan RAM yang lebih luas.

Prosesor Snapdragon 860 sendiri dirancang dengan konfigurasi CPU octa-core. Terdapat satu inti CPU Kryo 485 Gold dengan clock-speed 2.96 GHz, tiga core Kryo 485 Gold dengan kecepatan clock 2.84 GHz, dan empat core Kryo 485 Silver di kecepatan 1.78 GHz.

GPU yang digunakannya adalah Adreno 640 yang tergolong sangat bertenaga untuk sebuah HP harga Rp 3 jutaan. Poco X3 Pro memiliki dua varian RAM dan memori internal, yakni 6 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB.

6. LiquidCool Technology 1.0 Plus

Fitur Poco X3 Pro
Foto: Techradar

Bak sebuah HP gaming, Poco X3 Pro juga sudah dibekali dengan fitur pendingin bernama LiquidCool Technology 1.0 Plus. Sistem pendingin ini mencegah naiknya suhu pada bodi ponsel secara signifikan ketika digunakan untuk aktivitas yang berat.

LiquidCool Technology 1.0 Plus merupakan sistem pendingin berupa pipa panas tembaga yang diperbesar dan memiliki beberapa lapisan grafit untuk menghilangkan panas secara efisien.

{Baca juga: Perbandingan Poco X3 Pro vs Poco F3, Ini Dia Perbedaannya}

7. Fast Charging 33W

Fitur Poco X3 Pro
Foto: Pocket-lint

Smartphone ini sudah ditenagai oleh bterai berkapasitas jumbo, tepatnya 5.160 mAh. Baterai tersebut mendukung fast charging 33W dengan adaptor yang tersedia dalam paket pembelian.

Xiaomi mengklaim, fast charging 33W mampu mengisi baterai 5.160 mAh ponsel hanya dalam waktu kurang lebih 60 menit saja.

8. NFC

Fitur Poco X3 Pro
Foto: Digital Camera World

Seperti saudaranya, Poco X3 Pro juga telah disematkan NFC. Fitur tersebut sangatlah penting untuk sekarang, apalagi saat ini sudah zamannya cashless.

Sekadar informasi, NFC memungkinkan pengguna untuk melakukan beberapa hal. Misalnya, transfer data via Android Beam, sampai mengecek dan mengisi saldo e-money langsung dari smartphone.

{Baca juga: 10 HP Gaming Xiaomi Terbaik 2021, Spek Kencang Main Game}

9. Speaker Stereo

Fitur Poco X3 Pro

Poco X3 Pro sudah memiliki speaker dengan fitur stereo yang menyuguhkan kualitas suara yang bagus. Terdapat lubang speaker di bagian bawah, dan speaker di bagian earpiece atau bagian atas sebagai speaker sekunder.

Speaker stereo ini pastinya meningkatkan pengalaman audio dari pengguna. Apalagi, speaker stereo tersebut juga menjadi kombinasi yang pas bersama dengan layar yang bagus serta performa menakjubkan.

10. Kamera dengan EIS

Fitur Poco X3 Pro
Foto: Techradar

Fitur unggulan terakhir dari Poco X3 Pro adalah EIS yang disematkan pada kamera utama dan kamera ultra wideSmartphone ini sudah mengusung empat kamera di belakang dengan konfigurasi yang beragam.

Ada kamera utama dengan sensor 48MP, kamera ultra wide 8MP, 2MP kamera makro, dan 2MP kamera depth. Sementara kamera depan, beresolusi 20MP saja.

EIS atau electronic image stabilization sendiri membantu pengguna untuk merekam video secara lebih stabil.

Memang tak mampu menandingi kestabilan gambar yang dihasilkan oleh perpaduan OIS (optical image stabilization) dan EIS, tapi setidaknya fitur ini sudah sangat membantu para penggemar videografi.

Itu tadi 10 fitur terbaik dan unggulan dari Poco X3 Pro yang baru saja dirilis secara resmi di Indonesia. Mana fitur yang Anda suka, sob? (MF)

Simak video terbaru Review Poco X3 Pro:

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0