8 Peningkatan Fitur dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

Peningkatan Fitur dan Spesifikasi ROG Phone 3

Telset.id, Jakarta – Asus telah resmi memperkenalkan smartphone gaming terbarunya yaitu ROG Phone 3. ROG Phone 3 tentunya membawa beragam peningkatan fitur dan juga spesifikasi dan generasi sebelumnya.

Dengan peningkatan spesifikasi dan fitur pada ponsel gaming ROG Phone 3, tentunya diharapkan akan meningkatkan pengalaman mobile gaming bagi para pengguna.

{Baca juga: Asus ROG Phone 3: Spesifikasi Kencang, Mampu Libas Game Apapun}

Karena tidak dipungkiri, saat ini industri game mobile juga terus bertumbuh dan membutuhkan perangkat yang kian dapat diandalkan untuk menjalankan  konten game yang juga memiliki kualitas grafis yang terus meningkat.

Lalu apa saja peningkatan fitur dan spesifikasi yang dihadirkan pada Asus ROG Phone 3. Simak daftar dan penjelasannya berikut ini!

Layar

Peningkatan fitur dan spesifikasi ROG Phone 3 yang pertama ada pada aspek layar. Layar Asus ROG Phone 3 masih memiliki ukuran yang sama dengan generasi sebelumnya yaitu 6,6 inci. Akan tetapi teknologi yang digunakan tentunya telah meningkat.

Masih dengan panel yang sama yaitu AMOLED, layar ponsel gaming ini sekarang telah mendukung refresh rate hingga 144Hz, meningkat dari sebelumnya 120Hz di ROG Phone II.

Selain itu, layarnya juga dibekali touch sampling rate sebesar 25 ms/270Hz yang diklaim paling rendah di smartphone saat ini.

Selain itu layar ROG Phone 3 juga telah mendukung HDR10+, yang memiliki 1 miliar warna dengan teknologi deltaE <1, serta memiliki cakupan DCI-P3 sebesar 113% secara menyeluruh.

Chipset

Bagian dapur pacu tentunya menjadi peningkatan spesifikasi yang paling penting pada ROG Phone 3, dibandingkan seri-seri sebelumnya.

Tidak seperti pada generasi sebelumnya yang menggunakan Snapdragon 855 standar, Asus sepertinya sengaja menunggu versi “Plus” dari Snapdragon 865 Qualcomm sebelum merilis produk terbarunya ini.

Lenovo Legion Snapdragon 865 Plus

Snapdragon 865+ memiliki konfigurasi yaitu Octa-core CPU (1×3.1 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585) dan GPU Adreno 640 (700 MHz). Chipset ini tentu saja merupakan yang terkencang di industri smartphone saat ini.

Air Trigger 3

ASUS meningkatkan lagi fitur Air Trigger yang telah menjadi fitur andalan pada ponsel ROG Phone series.

Air Trigger adalah tombol kapasitif yang berada di bagian sisi kanan perangkat, berguna sebagai tombol kontrol tambahan yang dapat dikustomisasi saat bermain game.

Di generasi ketiga ini, AIr Trigger 3 yang menggunakan teknologi gelombang ultrasonic menambahkan fungsi gesture swipe. Sehingga pengguna bisa mendapatkan lebih banyak fungsi tombol pada Air Trigger di ROG Phone 3.

ASUS sengaja tidak menggunakan tombol fisik pada ponsel gaming terbarunya ini, karena tidak ingin mengorbankan dimensi smartphone yang akan menjadi lebih besar.

Selain itu, dengan tombol sentuh memungkinkan untuk menghadirkan lebih banyak fungsi kontrol.

Kamera

Meski bukan sebagai fitur yang ditonjolkan, Asus tetap meningkatkan fitur kamera pada smartphone gaming ROG Phone 3.

Dimana kali ini ROG Phone 3 dibekali dengan triple kamera dengan sensor utama yaitu 64MP Sony IMX 686 yang ditambah dengan ultra Wide 13MP dan Macro Sensor 5MP.

Peningkatan Fitur dan Spesifikasi ROG Phone 3

Ini tentunya meningkat dari generasi sebelumnya yang menggunakan sensor utama 48MP Sony IMX586, dengan Ultra Wide 13MP. Sedangkan kamera selfienya masih menggunakan sensor 24MP.

Perekaman video maksimal juga sudah mencapai 8K/30FPS. ASUS juga telah melengkapi dengan fitur perekaman stabil yaitu HyperSteady Video.

Konektivitas

Sebagai ponsel flagship keluaran 2020, tentunya ROG Phone 3 juga telah meningkatkan sistem konektivitas pada perangkat.

Peningkatan Fitur dan Spesifikasi ROG Phone 3

Berbekal chipset Snapdragon 865+, perangkat ini tentunya telah memiliki dukungan koneksi 5G dan juga Wi-Fi6. Selain itu smartphone ini juga telah menggunakan Bluetooth versi terbaru yaitu Bluetooth 5.1.

Sistem Pendingin

Asus juga meningkatkan sistem pendingin pada perangkat ROG Phone 3. Diklaim, pipa pendingin pada smartphone gaming terbaru ASUS ini memiliki ukuran 6x lebih besar dari generasi sebelumnya.

{Baca juga: Gamers, Ini Dia 7 Aksesoris Pendukung untuk Asus ROG Phone 3}

Kini Asus juga menyematkan aksesoris AeroActive Cooler 3 yang tersedia langsung pada paket penjualan. Kipas ini akan mengarah langsung ke bagian dalam perangkat melalui celah yang ada di body belakang.

Sistem Pengisian

Asus juga meningkatkan kinerja pengisian daya pada ROG Phone 3. Meskipun masih menggunakan kaspasitas baterai yang sama yaitu 6000mAh dan input charging sebesar 30W, kini ASUS meningkatkan pengaturan limit pengisian daya.

Peningkatan Fitur dan Spesifikasi ROG Phone 3

Umumnya smartphone akan melakukan pengisian cepat dari 0% hingga 70%. Termasuk pada ROG Phone 3, dimana smartphone dapat diisi sebanyak 70% dalam waktu 46 menit.

Namun kini Asus juga memberikan kontrol penuh pada pengguna untuk memberikan batas pengisian daya, dari 100% menjadi 80-90%.

Dengan mengurangi batas penuh pengisian daya, tentunya akan memberikan Charger Cycle yang lebih baik pada baterai. Ini menjaga baterai tetap awet dan pengguna tidak khawatir baterai ponsel akan cepat rusak.

Aksesoris

Melengkapi kemewahan gaming lewat perangkat ROG Phone 3, Asus juga menghadirkan beragam aksesoris terbaru sebagai perangkat pendukung.

Aksesoris tersebut diantaranya yaitu Kunai 3 Gamepad, Lighting Armor Case, AeroActive Cooler 3, TwinView Dock 3, ROG Clip, Monitor Portable ROG Strix XG16, Keyboard Controler ROG Falchion, dan earphone gaming ROG Cetra RGB. [IR/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here