Ternyata Ada Filosofi di Balik Desain Kamera iPhone 12

filosofi kamera iphone 12

Telset.id, Jakarta – Dengan meluncurnya iPhone 12 Pro Max, Apple telah menggunakan sensor kamera terbesar yang pernah ada di seri iPhone. Apple mengatakan bahwa ada filosofi khusus yang ditanamkan dari desain kamera iPhone 12.

Menurut Product Line Manager for the iPhone, Francesca Sweet dan Jon McCormack, Vice President of Camera Software Engineering, desainer dari kamera telah bekerja di setiap aspek dari perangkat keras hingga perangkat lunak untuk menyesuaikan filosofi pada desain kamera iPhone terbaru.

{Baca juga: Wow! Kamera iPhone 12 Dukung Perekaman Video 4K 240FPS}

“Sebagai fotografer, kami cenderung harus banyak memikirkan hal-hal seperti ISO, gerakan subjek, dan sebagainya,” kata Job McCormack.

“Dan Apple ingin mengambilnya untuk memungkinkan orang-orang menikmati momen, mengambil foto yang bagus,” sambungnya.

McCormack melanjutkan, mereka memikirkan tujuan dari adanya teknologi kamera tersebut. Bukan hanya sekedar untuk memiliki sensor yang lebih besar untuk kemudian menyombongkannya.

“Tujuannya adalah untuk bagaimana kami dapat mengambil foto yang lebih indah dalam lebih banyak kondisi yang diisi orang,” katanya. “Pemikiran inilah yang menghasilkan Deep Fusion, Night Mode, dan temporal image signal processing.”

Mereka menambahkan, Apple memanfaatkan machine learning agar sistem kamera Apple dapat memecah gambar menjadi elemen yang kemudian dapat diproses.

“Latar belakang, latar depan, mata, bibir, rambut, kulit, pakaian, langit. Kami memproses semua ini secara independen seperti yang Anda lakukan di Adobe Lightroom. Kami menyesuaikan semuanya mulai dari eksposur, kontras, dan saturasi, dan menggabungkan semuanya bersama-sama,” jelas McCormack.

Sweet juga tidak menyangkal bahwa sensor yang lebih besar juga merupakan sebuah keuntungan yang dimiliki oleh smartphone baru Apple.

“Kamera wide baru (iPhone 12 Pro Max), meningkatkan algoritma penggabungan gambar, membuat noise lebih rendah dan menghasilkan detail yang lebih baik,” ujar Sweet.

“Dengan Pro Max kami dapat memperluasnya lebih jauh karena sensor yang lebih besar memungkinkan kami menangkap lebih banyak cahaya dalam waktu yang lebih singkat,” sambungnya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Apple Terbaru}

Meskipun demikian, Sweet dan McCormack percaya bahwa sangat penting bagaimana Apple mendesain dan mengontrol setiap elemen dari lensa hingga perangkat lunak yang digunakan.

“Kami mendesain segalanya mulai dari lensa hingga GPU dan CPU, kami sebenarnya memiliki lebih banyak tempat di mana kami dapat melakukan inovasi,” pungkas McCormak. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here