Dipepet Huawei, Samsung Masih Rajai Pasar Smartphone

Gadget masa depan

Telset.id, Jakarta – International Data Corporation (IDC) merilis laporan mengenai pasar ponsel global untuk kuartal ketiga 2019. Hasilnya secara umum pangsa pasar tumbuh 0,8%, dan Samsung masih merajai pasar smartphone dunia pada kuartal ketiga tahun ini, yang ditempel ketat Huawei.

Dilansir Telset.id dari GSMArena pada Minggu (10/11/2019) pengiriman Samsung mencapai 78,2 juta dengan pangsa pasar 21,8%. Pengiriman Samsung pun naik 8,3% dibandingkan tahun lalu.

Posisi kedua ditempati oleh Huawei dengan pengiriman 66,6 juta dengan pangsa pasar 18,6%. Walaupun berada di urutan kedua, namun pencapaian Huawei tahun ini cukup tinggi dibandingkan tahun lalu.

Hal itu dapat tergambar dari angka pertumbuhan pengiriman smartphone Huawei yang mencapai 28,2%, dibandingkan tahun sebelumnya yang mencatat market share 14,6% atau “hanya” mengirimkan 52 juta unit.

Beda Huawei, beda nasib Apple. Raksasa Cupertino itu masih tertahan di posisi ketiga dengan 46,6 juta pengiriman dan memiliki pangsa pasar sebesar 13%, atau mengalami penurunan 0,6% dalam pengiriman tahunannya.

Hal serupa juga terjadi dengan Xiaomi. Pabrikan asal China itu berada di urutan keempat, dengan 32,7 juta pengiriman dan pangsa pasar 9,1%. Pencapaian Xiaomi cenderung  turun 3,3%  dibandingkan tahun lalu.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Posisi kelima ditempati oleh Oppo dengan pangsa pasar sebesar 8,7%, karena telah mengirimkan 31,2 juta unit smartphone pada kuartal ketiga tahun ini.

Walaupun berada di posisi kelima, namun pengiriman Oppo mengalami kenaikan sebesar 4,1% dibanding tahun lalu.

Seperti diketahui, Samsung dan Huawei masih bersaing ketat untuk menjadi jawara di industri ponsel pintar di dunia. Hal ini terlihat jika kita membandingkan kinerja kedua perusahaan tersebut pada Kuartal 1 tahun 2019 lalu.

Pada awal tahun ini, Samsung berada di urutan pertama dengan mencatat penjualan 71,62 juta unit smartphone. Namun pangsa pasar vendor asal Korea Selatan ini mengalami penurunan dari 20,5% menjadi 19,2% di kuartal I tahun ini.

{Baca juga: Penjualan Kuartal I 2019, Huawei Tempel Ketat Samsung}

Sementara di posisi kedua ditempati Huawei dengan angka penjualan mencapai 58,4 juta unit. Kondisi sebaliknya, pabrikan asal China ini dinilai terus mengalami pertumbuhan. Secara global pangsa pasar Huawei meningkat dari 10,5% di kuartal 1 tahun 2018 menjadi 15,7%.

Jika melihat pencapaian tersebut, Huawei patut diacungi jempol. Pasalnya, raksasa teknologi Tiongkok itu sedang menghadapi embargo dari Amerika Serikat dan para sekutunya.

Seandainya tidak ada masalah embargo tersebut, bukan tidak mungkin Huawei bisa menggusur Samsung di posisi puncak. Kita lihat saja nanti di tahun 2020, apakah raksasa China ini bisa menaklukkan raksasa Korea. Patut ditunggu. [NM/HBS]

 

Sumber: GSMArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here