Dianggap Menyesatkan, Iklan HTC U11 Dilarang Tayang

Iklan HTC U11

Telset.id, Jakarta – Hal yang wajar ketika sebuah merk mempromosikan produknya lewat iklan dengan memperlihatkan sesuatu yang menarik dalam produknya. Namun iklan juga bisa mendatangkan masalah bagi sebuah merk jika kemasannya dianggap salah, seperti yang dialami HTC ketika mengiklankan smartphone andalannya, HTC U11.

Baru-baru ini badan pengawas iklan di Inggris, Advertising Standards Authority (ASA) resmi melarang iklan HTC U11 yang telah tayang sejak pertengahan tahun lalu. Iklan itu sendiri menampilkan penyelam Olimpiade asal Inggris, Tom Daley yang menggunakan HTC U11 untuk mengambil foto selfie lewat fitur “remasan” sebelum masuk ke dalam air dari platform yang tinggi.

ASA menilai iklan HTC U11 menyesatkan karena bertentangan dengan instruksi penggunaan HTC U11 yang secara eksplisit memperingatkan pengguna untuk tidak sengaja merendam smartphone ke dalam air, termasuk kolam renang.

Baca Juga: Diuji Ketahanannya, HTC U11 Menyerah

Tak terima begitu saja dengan keputusan ASA, HTC pun melayangkan pembelaan. Menurut perusahaan asal Taiwan ini, HTC U11 memiliki sertifikasi IP67 yang artinya smartphone aman di ajak menyelam dengan kedalaman hingga 1 meter.

Tapi sayangnya, pembelaan HTC ditolak ASA. Dilansir dari GSMArena, ASA menilai rata-rata orang yang mencoba aksi serupa seperti Tom Daley tak akan bisa menjaga smartphone mereka tetap berada di atas 1 meter.

Baca Juga: HTC U11 Eyes, “Dual Selfie” dengan Efek Bokeh

Akhirnya HTC meminta maaf dan diharuskan untuk menghapus seluruh iklan HTC U11 dari Facebook. Selain itu, ASA juga memerintahkan HTC untuk melakukan hal yang sama di seluruh media lainnya. ASA pun memastikan akan tetap mengawasi dan mengingatkan HTC jika ada iklan versi Tom Daley ini tayang di wilayah otoritasnya. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here