iPhone SE 2020: Desain Lawas, Performa Zaman Now

PREVIEW

Desain iPhone SE 2020

Telset.id, Jakarta – Setelah lama dinanti-nantikan, Apple akhirnya resmi meluncurkan smartphone terbarunya di tahun 2020. Sempat dirumorkan akan diberi nama iPhone 9, namun rupanya Apple memberi nama iPhone SE 2020 untuk produk terbarunya ini. Menariknya, desain iPhone SE 2020 serupa dengan iPhone 8.

Diluncurkan sebagai pengganti seri iPhone 8, Apple tampak cukup percaya diri meluncurkan produknya ini dengan desain yang sama seperti produk iPhone SE awal ataupun iPhone 8.

Bahkan beberapa aspek spesfikasinya pun juga masih mengusung teknologi yang sama. Lantas apa hal baru yang dihadirkan Apple untuk iPhone SE 2020? Untuk lebih jelasnya simak preview iPhone SE 2020 berikut ini.

{Baca juga: iPhone SE 2020 Resmi Melenggang, Harga Cuma Rp 6 Jutaan}

Spesifikasi 

Desain iPhone SE 2020 secara tampilan masih terlihat mirip dengan iPhone SE awal atau pun iPhone 8. Tidak seperti smartphone kekinian yang memiliki layar bezelless, ponsel ini justru hadir dengan bezel yang cukup tebal.

Ponsel ini juga tanpa notch dan punya rasio layar di atas 19:9, yakni dengan rasio 16:9. Ukuran layarnya pun terbilang kecil yaitu 4,7 inci dengan resolusi HD 750x1334p. Desain iPhone SE 2020 ini mengingatkan kita pada iPhone “jadul”.

Material yang digunakannya dari kaca dengan frame berbahan aluminium. Ponsel pintar besutan Apple ini hadir dalam warna Hitam, Putih dan Merah. Buat penggemar smartphone dengan ukuran kecil, sepertinya iPhone SE 2020 ini sangat cocok di genggaman.

Meskipun ukurannya kecil, namun layar “Retina HD” pada iPhone SE 2020 sudah mengusung teknologi layar yang canggih seperti HDR 10, Dolby Vision, Wide Color Gamut dan juga TrueTone.

Tingkat kecerahannya sangat tinggi yaitu mencapai 625 nits. Belum ada teknologi fingerprint yang ditanam pada layar, sebab iPhone SE masih mengsusung teknologi TouchID dengan sensor fingerprint berbentuk bulat yang ada di bezel bagian bawah.

Di bagian belakang, tampak hanya ada satu buah sensor kamera. Selebihnya hanya ada logo Apple yang terpampang. Perangkat ini benar-benar tampil simpel seperti ponsel pintar tiga tahun yang lalu.

Namun demikian, sama dengan iPhone 8, spesifikasi iPhone SE 2020 sudah didukung dengan IPX67 yang membuatnya tahan debu dan air, dimana perangkat ini akan tetap menyala selama 30 menit di kedalaman air 1 meter.

Spesifikasi iPhone SE 2020

Meskipun desain yang ditampilkan tetrbilang lawas, untungnya tidak demikian dengan dapur pacu yang digunakan. Tidak seperti iPhone SE awal yang menggunakan Bionic A9 atau iPHone 8 yang menggunakan chipset Bionic A11, iPhone SE 2020 sudah mengusung chipset terbaru yaitu Apple Bionic A13.

Bionic A13 adalah chipset yang sama digunakan pada perangkat iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max. Jadi, tidak perlu ragu soal performa smartphone yang satu ini. Seperti yang kita ketahui, Bionic A13 milik Apple ini perfomanya hampir sebanding dengan Snapdragon 8665 milik Qualcomm.

Ditambah lagi, perangkat ini juga sudah menggunakan OS terbaru Apple yaitu iOS 13. Adapun untuk memori, Apple menyediakan tiga pilihan storage untuk iPhone SE 2020 yaitu 64GB, 128GB dan 256GB.

Untuk konektvitas, smartphone ini sayangnya belum menghadirkan teknologi 5G. Adapun jaringan yang tersedia yaitu LTE-A, WiFi 6 dan Dual SIM. Untuk sim kedua yang terpasang yaitu berupa E-SIM.

iPhone SE 2020 juga menghadirkan pengisian daya cepat dengan output 18W. Ini juga merupakan peningkatan, dibandingkan pada iPhone 8 yang hanya menggunakan output 15W. Dengan teknologi tersebut, perangkat ini diklaim dapat diisi sebanyak 50% hanya dalam waktu 30 menit. Dukungan Qi wireless Charging juga hadir di smartphone ini.

Tapi sayangnya, untuk paket penjualannya, smartphone ini hanya didukung dengan pengisian daya 5W. Sepertinya pengguna perlu modal tambahan untuk membeli adaptor pengisian cepat.

Kamera

Mengusung satu kamera untuk ponsel tahun ini, sepertinya akan menyulitkan bagi iPhone SE 2020. Pasalnya, semua brand smartphone saat ini tengah berlomba-lomba menghadirkan banyak sensor kamera untuk mengakomodir semua kebutuhan fotografi ponsel.

Kamera iPhone SE 2020

Kamera utama iPhone SE yaitu hanya mengandalkan sensor 12MP dengan bukaan F/1.8. Tidak jelas apakah ini sensor yang juga sama digunakan pada perangkat iPhone 8.

Tapi yang jelas smartphone ini diklaim membawa peningkatan pada fitur kamera. Seperti diantaranya dukungan SmartHDR, stereo audio, Cinematic Stabilization dan juga perekaman video hingga 4K 60FPS.

Sedangkan pada kamera depannya, iPhone SE 2020 masih menggunakan sensor yang sama juga dengan iPhone 8 yaitu 7MP F/2.2. Tak banyak kemampuan khusus yang ditawarkan, hanya ada beberapa fitur yang juga dapat ditemui di iPhone lawas seperti HDR dan Gyro EIS.

{Baca juga: Aplikasi Covid-19 Google dan Apple akan Tersedia di Play Store}

Harga

Setelah mengulas spesifikasi iPhone SE 2020, bagaimana dengan harganya? Apple tampaknya tak muluk-muluk dalam menjual produk anyar-nya yang satu ini. iPhone SE dijual dengan harga mulai dari USD 399 atau sekitar 6,3 jutaan untuk model 64GB.

Tentu tak ada saingan bagi Apple untuk menjual produknya ini, bagi konsumen yang menginginkan produk dengan sistem operasi iOS. Jelas hanya ini pilihannya saat ini,  karena bahkan iPhone 8 pun juga sudah di-discontinued.

Namun di harga tersebut, smartphone ini akan bersaing dengan smartphone Android seperti Mi Note 10 Pro dari Xiaomi atau Galaxy A71 dari Samsung.

Adapun untuk model 128GB dan 256GB, masing-masing dijual dengan harga USD 449 atau sekitar Rp 7 jutaan dan USD549 atau setara Rp 8,6 juta. iPhone SE 2020 akan memulai pre-order pada hari Jumat  17 April 2020. Sementara penjualan perdana akan digelar tanggal 24 April. [IR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here