Depak Intel, Apple Pakai Chipset Sendiri untuk MacBook

Telset.id, Jakarta – Apple berencana tak lagi memakai chipset buatan Intel untuk perangkat Mac yang bakal rilis pada 2020 mendatang. Apple memilih menggunakan chipset buatan sendiri untuk peranti termutakhir tersebut.

Dilaporkan Bloomberg, chipset buatan Apple yang sekarang masih dalam tahap pengembangan memiliki nama Kalamata. Pembuatan chipset itu akan menjadi lompatan besar Apple dalam bisnis peranti keras.

Selain perangkat keras, Apple juga dikabarkan segera melakukan perubahan di sektor perangkat lunak di iOS dan macOS. Jika tak ada aral, perubahan tersebut akan dimulai sebelum 2020.

Menyoal chipset buatan sendiri, selain Mac, Apple akan menerapkannya pula di iPhone dan iPad. Tak menutup kemungkinan, hal serupa bakal dilakukan di Apple Watch hingga Apple TV.

“Apple tengah mencari cara mengintegrasikan peranti lunak dan peranti keras dengan pengeluaran biaya riset dan pengembangan yang lebih besar,” ungkap analis Cross Research, Shannon Cross.

Jika benar Mac tak lagi menggunakan prosesor Intel, Apple bakal melakukan transisi besar pertama sejak Mac mengesampingkan chipset PowerPC buatan IBM pada 2005 lalu.

Baca juga: Apple akan Kenalkan iPad Pro Face ID di WWDC 2018

Keputusan Apple menggunakan prosesor buatan sendiri di Mac merupakan hasil dari perkembangan prosesor ARM yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, sejumlah iPhone dan iPad terbaru punya kekuatan komputasi yang lebih kuat ketimbang Mac lawas. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here